Apa Sih Kartu Kredit, Ada Manfaatnya?

My Money - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
01 March 2022 18:30
Bisnis Kartu Kredit BRI (KK BRI) mampu mencatatkan pertumbuhan signifikan selama pandemi.

Jakarta, CNBC Indonesia - Di tengah gempuran fasilitas 'bayar nanti' (Paylater) ternyata masih banyak orang yang ingin memiliki kartu kredit. Namun sebenarnya apa sih kartu kredit dan apa manfaatnya?

Apa Itu Kartu Kredit?

Kartu kredit adalah sebuah alat pembayaran menggunakan kartu yang berfungsi sebagai pengganti uang tunai. Dengan kartu kredit, pengguna dapat menukarkan dengan berbagai barang atau jasa yang dibelinya di tempat-tempat yang menerima pembayaran menggunakan kartu kredit.


Kartu kredit sering kali dianggap lebih mudah saat melakukan belanja online. Selain itu, kartu kredit juga menawarkan beragam promo yang menguntungkan bagi penggunanya. Tak heran, jika saat ini banyak orang mulai tertarik menggunakan kartu kredit.

Praktis dan Mudah

Manfaat pertama yang membuat orang tergiur dengan kartu kredit adalah praktis dan mudah saat melakukan transaksi pembayaran. Dengan kartu kredit, tidak perlu membawa uang tunai dengan jumlah besar. Cukup menunjukkan atau menggesek kartu tersebut, tidak perlu lagi menghitung kembalian atau menulis cek.

Apa bedanya dengan kartu debit? Bukankah kartu debit atau ATM juga sama mudah dan praktis, ya? Ya, kedua kartu ini sama-sama pembayaran nontunai. Bedanya, kalau pakai kartu debit atau ATM, uang di dalam rekening bank langsung terpotong, sedangkan kalau pakai kartu kredit, bisa transaksi dengan cara dicicil. Kartu kredit juga lebih praktis untuk membayar berbagai layanan online.

Banyak Promo

Pengguna kartu kredit bisa memanfaatkan fasilitas berupa promo yang banyak ditawarkan oleh bank penerbit kartu kredit. Promo biasanya dalam bentuk cashback atau potongan harga pada setiap transaksi di merchant ataupun toko yang bekerja sama dengan bank penerbit kartu. Promo ini juga bisa menjadi strategi penghematan transaksi bagi pengguna kartu kredit apalagi kalau tempat belanja favorit dan langganan pengguna kartu kredit sudah bekerja sama dengan bank penerbit kartu kredit.

Memudahkan pembayaran tagihan

Kartu kredit juga bisa memudahkan penggunanya untuk membayar tagihan dengan mudah melalui fitur Bill Payment. Nasabah pengguna kartu kredit cukup mendaftarkan tagihan rutin bulanan seperti tagihan listrik, tv kabel, cicilan rumah, tagihan air, internet dan lainnya. Dengan begitu, nasabah tidak perlu khawatir lupa untuk membayar tagihan karena secara otomatis kartu kredit akan membayar tagihan yang sudah didaftarkan. Fitur ini juga cocok untuk nasabah yang malas menghafal nomor tagihan yang berbeda-beda karena tagihan tersebut akan dibayarkan terlebih dahulu oleh bank penerbit kartu kredit. 

Membangun reputasi kredit

Penggunaan kartu kredit bisa bermanfaat membangun reputasi kredit apabila digunakan dengan tepat. Perilaku dan kebiasaan nasabah dalam menggunakan kartu kredit akan terekam oleh bank penerbit kartu dan termuat dalam database kredit nasional. Data tersebut bisa menjadi informasi berharga bagi bank apabila suatu saat nasabah pengguna kartu kredit mengajukan permohonan pinjaman pada lembaga keuangan. Data kredit tersebut akan menjadi rujukan apakah nasabah yang bersangkutan layak untuk mendapatkan pinjaman atau tidak.

Cicilan bunga 0%

Keuntungan lain dari penggunaan kartu kredit adalah adanya fitur cicilan dengan bunga 0% sehingga memungkinkan penggunanya untuk membeli barang dengan cara mencicil setiap bulannya selama masa tenor cicilan tanpa terkena bunga sedikitpun.

Transaksi dengan bunga cicilan 0% banyak disediakan untuk transaksi dengan nominal tertentu dan untuk pembelian barang dengan harga relatif mahal seperti alat-alat elektronik, gadget, furniture, jam, dan lainnya.

Tenor pinjaman yang ditawarkan bank penerbit kartu kredit biasanya mulai dari 3 bulan hingga 24 bulan.

Tarik tunai

Manfaat lainnya dari penggunaan kartu kredit dan yang paling digemari penggunanya adalah bisa dipakai untuk menarik uang tunai di ATM melalui fitur cash advance. Dengan fitur ini, pengguna kartu kredit bisa mendapatkan pinjaman instan tanpa jaminan apapun hanya dengan menggunakan kartu kredit untuk mengambil uang di ATM.

Akan tetapi, fitur ini harus disikapi dengan hati-hati karena kemudahan tersebut tidak gratis. Setiap transaksi tarik tunai akan dikenakan biaya dan juga ada limit pengambilan dana tunai yang dibatasi.

Bunga yang dikenakan pada setiap penarikan dana tunai menggunakan kartu kredit rata-rata sebesar 4 hingga 6% dengan biaya layanan minimal rata-rata Rp50 ribu. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jangan Sampai Bengkak! Gini Pakai Kartu Kredit dengan Bijak


(bul/bul)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading