Wow! Ada Transaksi Misterius Saham RANC Rp 2 T, Djarum Masuk?

Market - Aldo Fernando, CNBC Indonesia
30 September 2021 15:22
Ranch Market/dok Grand Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Di tengah kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) lebih dari 2%, terdapat transaksi jumbo di saham emiten pengelola supermarket produk makanan segar dan organik Ranch Market PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC) di pasar negosiasi pada perdagangan hari ini, Kamis (30/9/2021).

Dalam transaksi tersebut, investor domestik masuk menggunakan broker PT BCA Sekuritas (SQ), dengan membeli total 797,89 juta saham RANC di harga Rp 2.550/unit. Adapun total nilai transaksi negosiasi tersebut mencapai Rp 2,03 triliun.

Transaksi pembelian saham tersebut tercatat sebanyak 7 kali yang terjadi pada sekitar pukul 09.00 pagi tadi dan merupakan transaksi tutup sendiri atau crossing.


Transaksi saham RANC, 30 Sept 2021/dok risetFoto: Transaksi saham RANC, 30 Sept 2021/dok riset
Transaksi saham RANC, 30 Sept 2021/dok riset

Selain transaksi crossing tersebut, terdapat satu transaksi lainnya, yakni investor domestik yang membeli saham RANC dengan menggunakan broker PT Valbury Sekuritas Indonesia (CP) sebanyak 8 juta saham di harga Rp 2.340/saham. Dengan demikian, nilai transaksi tersebut sebesar Rp 18,72 miliar. Adapun penjual saham tersebut adalah BCA Sekuritas.

Secara total, jumlah saham yang diperjualbelikan dalam transaksi negosiasi di atas mencapai 805,89 juta lot dengan nilai transaksi Rp 2,05 triliun.

Kabar teranyar, RANC saat ini sedang dalam rencana pengambilalihan 51% saham perseroan oleh perusahaan e-commerce Grup Djarum, PT Global Digital Niaga atau lebih dikenal dengan Blibli.

Sebagai informasi, pasar negosiasi di BEI adalah satu dari tiga jenis transaksi di bursa saham. Jenis transaksi lain yaitu transaksi di pasar reguler atau pasar biasa, dan pasar tunai.

Transaksi di pasar reguler merupakan transaksi yang dilakukan menggunakan mekanisme tawar menawar berkelanjutan dan menjadi fasilitas bertransaksi dengan harga normal dan jumlah transaksi minimal 1 lot (100 saham).

Sebaliknya, transaksi besar yang dilakukan di pasar negosiasi biasanya melibatkan pemilik atau pemegang saham besar yang tidak ingin merusak harga di pasar reguler.Harga dan jumlah transaksi bisa ditentukan oleh kedua belah pihak tanpa perlu mengikuti harga pasar.

Sementara itu, pasar tunai adalah pasar di mana perdagangan efek di bursa dilaksanakan berdasarkan proses tawar-menawar secara lelang yang berkesinambungan (continuous auction market) oleh perusahaan efek anggota bursa (AB) melalui sistem JATS dan penyelesaiannya dilakukan pada hari bursa yang sama alias hari itu juga (T+0).

Di pasar modal, saham RANC ditutup melesat 3,42% ke posisi Rp 2.420/saham pada perdagangan hari ini, Kamis (30/9). Selama sebulan saham RANC melejit 21,00%, sementara secara year to date (ytd) 'terbang' 455,05%.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Caplok 51% Saham Ranch Market, Ini Rencana Besar Grup Djarum!


(adf/adf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading