Internasional

Demam Ronaldo, Siapa Investor di Balik TeamViewer Sponsor MU?

Market - Ferry Sandria, CNBC Indonesia
13 September 2021 17:45
Manchester United's Cristiano Ronaldo reacts during the English Premier League soccer match between Manchester United and Newcastle United at Old Trafford stadium in Manchester, England, Saturday, Sept. 11, 2021. (AP Photo/Rui Vieira)

Jakarta, CNBC Indonesia - Akhir bulan lalu penggemar sepak bola sempat dihebohkan oleh transfer mega bintang sepak bola, Cristiano Ronaldo (CR7), yang kembali membela tim yang membesarkan namanya Manchester United (MU) alias Setan Merah.

Tidak butuh waktu lama untuk membuktikan diri, pada debut kali kedua di MU, Ronaldo menyumbangkan dua gol dalam kemenangan 4-1 atas Newcastle United pada laga Sabtu pekan lalu (11/9).

Dilansir mirror.co.uk, sumber yang dekat dengan kesepakatan transfer Ronaldo dari Juventus mengatakan semula ia tidak masuk daftar belanja Manchester United, karena klub telah mengeluarkan £114 juta untuk memboyong Jadon Sancho dan Raphaël Varane.


Akan tetapi setelah Ronaldo mengutarakan ingin pergi dari Juventus dan sang rival satu kota Manchester City dikabarkan tertarik untuk menggunakan jasanya, Manchester United pun berputar haluan.

Menurut sumber yang terlibat dalam kesepakatan tersebut, pengaruh komersial klub adalah satu-satunya cara kesepakatan itu dapat terlaksana. MU secara global memiliki 37 sponsor keuangan dan komersial, termasuk sponsor yang logonya nangkring di jersey tim, TeamViewer, yang ikut berkontribusi untuk memfasilitasi kesepakatan atas kembalinya Ronaldo ke Manchester United.

TeamViewer menjadi sponsor terbaru Manchester United dengan total kontrak mencapai £235 juta atau setara dengan Rp 4,63 triliun (kurs Rp 19.689/pounsterling) untuk jangka waktu 5 tahun atau mencapai £47 juta per musim.

Jumlah ini lebih sedikit dari nilai kontrak dengan General Motor melalui brand Chevrolet yang diperkirakan mencapai £64 juta per musim atau secara total sebesar US$ 559 juta atau setara dengan Rp 8,10 triliun (kurs Rp 14.500/US$) selama tujuh musim.

Jadi siapa sebenarnya TeamViewer yang mampu mensponsori salah satu klub paling berharga nomor empat di dunia versi Forbes?

NEXT: Siapa saja investor TeamViewer?

Siapa Investor di Balik TeamViewer?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading