Dramatis! Markas KFC Dikepung Karyawan, Ada PHK & Potong Gaji

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
17 April 2021 11:20
Demo Pekerja KFC di Gelael. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pekan ini pekerja di restoran cepat saji KFC melakukan aksi unjuk rasa di kantor pusat PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST) di depan gerai KFC Gelael, MT Haryono, Jakarta Selatan. Aksi ini dilakukan setelah adanya persoalan pemangkasan jam kerja hingga berdampak pada pendapatan pekerja.

Aksi 'mengepung' kantor pusat ini dilakukan oleh Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia (SPBI) SBT PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST).

Koordinator SPBI Anthony Matondang menyebutkan aksi ini dilakukan lantaran diterapkannya kebijakan baru perusahaan mengenai pemotongan upah oleh perusahaan.


"Upah dipotong dan diutang 30% yang otomatis upah di bawah UMK (upah minimum kota)," kata dia pekan ini.

Direktur Fast Food Indonesia Justinus Dalimin Juwono sempat buka suara soal aksi tersebut. Ia menegaskan pekerja yang demo kemarin tak mewakili suara serikat pekerja restoran KFC di seluruh Indonesia.

"Itu serikat pekerja lain, yang kita tidak tahu. Kita ada Serikat Pekerja Fast Food Indonesia (SPFFI)," kata dia menanggapi aksi tersebut.

Dia menegaskan ihwal persoalan kebijakan perusahaan yang terkait para pekerja sudah disampaikan, dirundingkan, dan ada kesepakatan dengan SPFFI. Ia menegaskan segala persoalan sudah selesai dibahas dengan serikat pekerja.

"Jadi sudah ada pembicaraan klarifikasi sama serikat pekerja kita sudah beres dengan serikat pekerja kita. Sudah tuntas," katanya.

Pemangkasan Gaji
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading