Bank Jago Disebut Mau Caplok BFI Finance, Ini Kata Jerry Ng

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
16 April 2021 15:02
Jerry Ng, CEO of Bank Tabungan Pensiunan Negara speaks in an interview in Jakarta May 11, 2011. Ng said the bank's loan growth was seen at over 25 percent this year, just over the industry average, but a slowdown from 48 percent growth last year as competition heats up. Picture taken May 11, 2011.  REUTERS/Enny Nuraheni  (INDONESIA - Tags: BUSINESS)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Jago Tbk (ARTO) dikabarkan akan mengakuisisi perusahaan pembiayaan (multifinance) mobil baru dan bekas, PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFIN), perusahaan yang juga dikendalikan oleh Northstar Pacific milik Patrick Sugito Walujo, partner dari bankir senior Jerry Ng.

Komisaris Utama Bank Jago Jerry Ng pun buka suara terkait dengan kabar tersebut. Hanya saja mantan Dirut PT Bank BTPN Tbk (BTPN) ini tidak membantah atau membenarkan hal itu.

"Aplikasi bank Jago diluncurkan kemarin. Fokus utama kami pada saat ini adalah Bank Jago. Mohon dukungannya untuk Bank Jago. Salam," kata Jery Ng, dilansir detikcom, Jumat (16/4/2021).


CNBC Indonesia sudah melayangkan pertanyaan soal perkembangan progres akuisisi, termasuk pertimbangan level price to earning ratio (PER) dari BFIN yang cukup tinggi di level 17,5 kali dengan price to book value (PBV) 1,86 kali. Namun hingga saat ini belum ada jawaban dari Jerry Ng terkait dengan hal ini.

BFIN dimiliki oleh perusahaan Northstar Pacific yang dikendalikan Patrick Sugito Walujo dan mitranya Glenn Sugita. Sementara Patrick Sugito Walujo adalah salah satu investor Bank Jago.

Ketika dikonfirmasi CNBC Indonesia, Direktur BFI Finance, Sudjono, tak membenarkan maupun membantah rumor di kalangan pelaku pasar ini. Ia juga tidak mengelaborasi lebih jauh apakah memang sudah ada pembicaraan awal mengenai rencana akuisisi BFIN oleh Bank Jago.

"Terima kasih atas informasinya," katanya saat dihubungi CNBC Indonesia, Rabu kemarin (15/4/2021).

Menurut kabar pasar yang beredar, Bank Jago dikabarkan akan mencaplok BFIN.

Pemilik Northstar yakni Patrick juga masuk ke Bank Jago lewat Wealth Track Technology Ltd (WTT), perusahaan investasi berbasis di Hong, dengan menggenggam 11,68% saham Bank Jago.

Sementara, Jerry Ng dan kawan-kawannya menggunakan PT Metamorfosis Ekosistem Indonesia (MEI) menguasai 29,80%. WTT dan MEI menjadi pemegang saham pengendali Bank Jago.

Berdasarkan informasi yang beredar di kalangan pelaku pasar, BFIN dikabarkan akan diakuisisi oleh Bank Jago pada kisaran harga Rp 850-Rp 900 per saham sebagai angka potential tender offer.

"Berita ini muncul setelah adanya indikasi bahwa Bank Jago akan melebarkan sayap untuk membeli perusahaan leasing company/multifinance," menurut sumber tersebut, dikutip CNBC Indonesia, Kamis (15/4/2021).

Dari data BEI, saham BFIN setelah menguat kencang kemarin, pada Jumat jelang penutupan sesi II ini (16/4), naik tipis cenderung stagnan di Rp 770/saham. Sepekan sahamnya naik 10% dan sebulan stagnan. 

Adapun saham Bank Jago naik 1,36% di Rp 11.200/saham. Sepekan sahamnya naik 12% dan sebulan naik 6%.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading