Godzilla adalah Raja Monster, Dolar AS adalah Raja Mata Uang!

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
01 April 2021 06:25
Ilustrasii Dollar AS (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dolar Amerika Serikat (AS) benar-benar menjadi raja mata uang. Hampir seluruh mata uang utama dunia tunduk takluk di hadapan greenback.

Mengutip data Reuters, sepanjang tahun ini hanya enam mata uang utama dunia yang mampu menguat terhadap dolar AS. Enam mata uang itu adalah hryvnia Ukraina, dolar Kanada, dinar Kuwait, poundsterling Inggris, krona Norwegia, dan pound Mesir.

Di luar itu, tidak ada yang bisa menandingi keperkasaan dolar AS. Lira Turki menjadi yang paling lemah dengan depresiasi hampir 11%.


Rupiah? Jangan ditanya...

kursSumber: Reuters

Keperkasaan dolar AS tidak lepas dari pemulihan ekonomi Negeri Paman Sam yang semakin hari semakin terkonfirmasi. Sejumlah data ekonomi terbaru jadi 'bensin' untuk optimisme itu.

Bank sentral AS (The Federal Reserve/The Fed) wilayah Dallas merilis data indeks aktivitas manufaktur yang pada Maret 2021 adalah 28,9. Melonjak 11,7 poin dari bulan sebelumnya sekaligus menyentuh titik tertinggi sejak Agustus 2018.

Kemudian Universitas Michigan melaporkan indeks sentimen konsumen pada Maret 2021 berada di 84,9. Ini adalah yang tertinggi sejak Mei 2013.

Dunia usaha dan konsumen AS sudah seiya sekata, sejalan seiring, kompak manis. Keduanya sama-sama percaya diri mengarungi 'samudera' ekonomi dan siap untuk berekspnsi. Cepatnya laju vaksinasi anti-virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) dan stimulus fiskal yang bakal digelontorkan membuat pengusaha dan rumah tangga di Negeri Adidaya yakin bahwa prospek ekonomi akan cerah.

Halaman Selanjutnya --> Vaksinasi Covid-19 di AS Impresif

Vaksinasi Covid-19 di AS Impresif
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading