Internasional

Top Xi Jinping, Ekonomi China Diramal 'To The Moon' 9%

Market - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
26 February 2021 12:50
Chinese President Xi Jinping speaks at an event marking the 40th anniversary of China's reform and opening up at the Great Hall of the People in Beijing, China December 18, 2018. REUTERS/Jason Lee

Jakarta, CNBC Indonesia - Penasihat kebijakan People's Bank of China (PBOC), Liu Shijin, mengatakan pada Jumat (26/2/2021) bahwa produk domestik bruto (PDB) China dapat meningkat 8-9% pada tahun 2021 karena terus pulih dari pandemi Covid-19.

Namun, kata Liu, Kecepatan pemulihan ini tidak berarti China telah kembali ke periode "pertumbuhan tinggi", karena akan berasal dari basis yang rendah pada tahun 2020, ketika ekonomi China hanya tumbuh 2,3%.


Dalam konferensi online, Liu juga mengatakan jika pertumbuhan PDB rata-rata tahun 2020 dan 2021 adalah sekitar 5%, ini akan menjadi hasil yang "tidak buruk" bagi China.

Sementara analis dari HSBC minggu ini memperkirakan bahwa PDB China akan tumbuh 8,5% tahun ini, memimpin pemulihan ekonomi global dari pandemi.

China akan merilis laporan kerja pemerintah pada 5 Maret mendatang, yang biasanya mencakup target pertumbuhan PDB untuk tahun tersebut.

Laporan tahun lalu tidak memasukkan satu pun karena ketidakpastian yang disebabkan oleh virus corona. Reuters sebelumnya memberitakan bahwa laporan 2021 juga tidak akan mematok target.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading