Internasional

PDB China Tumbuh 2,3% di 2020, Paling Lambat dalam 4 Dekade

Market - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
18 January 2021 09:56
Ilustrasi bendera China. AP/

Jakarta, CNBC Indonesia - Ekonomi China tumbuh di laju terlambat dalam 4 tahun meskipun rebound setelah wabah corona (Covid-19) menyerang Negeri Panda. Mengutip Biro Statistik China, ekonomi tercatat 2,3% di 2020 (yoy) alias terendah semenjak ekonomi Tiongkok memulai reformasi di 1970-han.

"Lingkungan yang suram dan kompleks baik di dalam maupun luar negeri dengan pandemi yang memiliki dampak besar," ujar badan tersebut sebagaimana ditulis AFP, Senin (18/1/2020).


Sebelumnya di 2019, China mencatat pertumbuhan sebesar 6,1%. Itu juga angka terendah dalam beberapa dekade, akibat melemahnya permintaan domestik dan ketegangan perdagangan dengan AS.

Meski begitu, angka ini lebih baik dari analis 13 lembaga keuangan. Menurut AFP, sebelumnya para ekonomi meramal ekonomi hanya akan mencapai 2%.

Sementara itu, jika dilihat dari kuartalan (qtq), ekonomi China di kuartal IV 2020 mencatat pertumbuhan 6,5%. Ekonomi makin positif, setelah sebelumnya mencatat pertumbuhan 4,9% di kuartal III 2020.

"China sepertinya menjadi satu-satunya negara yang bisa menghindari kontraksi di saat banyak negara berjuang mengatasi pandemi," tulis Trading Economics.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Maaf AS Bakal Lewat, China Juara 1 Ekonomi Dunia


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading