Pertamina Mau Rilis Global Bond Rp 280 T, Begini Kinerjanya

Market - Wilda Asmarini, CNBC Indonesia
03 February 2021 13:05
Petugas mengisi Bahan Bakar Minyak pada kendaraan di salah satu SPBU dikawasana Cikini, Jakarta Pusat, Senin (2/4/2018).

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Pertamina (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor minyak dan gas bumi, akan mengeluarkan obligasi global senilai US$ 20 miliar atau sekitar Rp 280 triliun (asumsi kurs Rp 14.000 per US$).

Fitch Ratings pun mengumumkan peringkat 'BBB' atau 'Stabil' atas rencana obligasi global Pertamina tersebut.


"Obligasi akan digunakan untuk belanja modal dan tujuan korporasi umum lainnya," ungkap Fitch Ratings, Selasa (02/02/2021).

Fitch menyebut, belanja modal Pertamina pada 2020 mencapai US$ 6 miliar dan pada 2021 akan naik menjadi sekitar US$ 8 miliar.

Peringkat ini sama dengan yang diberikan kepada Pemerintah Indonesia karena dinilai ada hubungan 'Sangat Kuat' antara Pertamina dan Pemerintah. Fitch meyakini bahwa status Pertamina, kepemilikan dan pengendalian oleh pemerintah Indonesia 'Sangat Kuat'. Hal ini berdasarkan penunjukan Dewan Direksi dan Komisaris ditunjuk dan harus disetujui pemerintah sebagai pemegang saham. Begitu pun dengan rencana investasi, harus melalui persetujuan pemerintah.

Pembentukan Pertamina sebagai Holding BUMN Migas juga memberikan peran penting bagi perseroan dalam mengelola distribusi BBM. Pertamina juga mendominasi distribusi BBM di Indonesia.

Fitch menilai pemerintah secara efektif mengendalikan harga yang mayoritas didistribusikan Pertamina, meski beberapa di bawah harga pasar. Namun, pemerintah mendukung perseroan dengan sejumlah insentif, termasuk pengembalian (reimbursement) untuk penjualan BBM bersubsidi dan pemberian kompensasi untuk produk tertentu.

"Pemerintah juga memberikan blok migas besar yang akan habis masa kontraknya kepada Pertamina dan Fitch memperkirakan ini akan memperbaiki bisnis dan profil keuangan Pertamina."

Kinerja Hilir Mengimbangi Pelemahan Harga Minyak
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading