Pertamina Bakal Nyari Duit Rp 799 T buat Investasi nih

Market - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
04 March 2021 15:40
Pertamina siap ambil alih kelola Blok Rokan. Doc:PHE.

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Pertamina (Persero) sampai dengan 2024 akan menggelontorkan investasi jumbo yakni US$ 92 miliar atau sekitar Rp 1.288 triliun (asumsi kurs Rp 14.000 per US$). Dari total investasi ini, sebesar 62% akan didanai dari pendanaan eksternal (external funding) dan kemitraan.

Ini artinya, Pertamina akan mencari dana dari pihak luar dan mitra sebesar US$ 57 miliar atau sekitar Rp 799 triliun. Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero) Emma Sri Martini mengatakan, hanya 38% kebutuhan dana investasi tersebut akan didanai dari internal perseroan (internal funding).

"Dari US$ 92 miliar, hanya 38% yang bisa didanai dari internal funding. Selebihnya terbuka dengan opsi-opsi," tegasnya.


Lebih lanjut dia mengatakan, selera investasi dari investor atau pemodal akan terkait dengan karakteristik projek. Menurutnya, pendanaan eksternal tersebut terdiri dari utang 69% dan ekuitas 31%.

Pendanaan dari utang akan berasal dari corporate loan, global bond, serta project financing. Kemudian, pendanaan eksternal dari ekuitas maksudnya berasal dari strategic partnership, unlock value, dan Sovereign Wealth Fund (SWF).

"Sekarang banyak corporate loan, global bond banyak kita lakukan. Ke depan proses equity dan strategic partnership lebih kita galakkan," ungkapnya.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading