Gokil! Saham Grup Salim Kompak Melesat, Dipimpin IMAS

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
07 September 2020 15:36
Axton Salim

Jakarta, CNBC Indonesia - Saham-saham emiten Grup Salim kompak mencatatkan penguatan signifikan pada penutupan perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (7/9/2020). Penguatan tertinggi dicatatkan emiten di bidang otomotif yakni PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS) yang menjadi top gainers.

Mengacu data perdagangan, saham IMAS melesat 11,56% di level Rp 820/saham dengan nilai transaksi mencapai Rp 35 miliar dengan volume perdagangan 44,1 juta saham.

Sepekan terakhir perdagangan akumulatif, saham IMAS naik 5,81% dam sebulan terakhir perdagangan saham IMAS melesat 31,20%,


Berikutnya saham anak usaha IMAS, yakni PT Indomobil Multi Jasa Tbk (IMJS) yang merupakan induk usaha dari bisnis multifinance Grup Salim yakni PT Indomobil Finance Indonesia (IMFI).

Saham IMJS yang baru menggelar penambahan modal melalui hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue ini naik 6,38% di posisi Rp 300/saham.

IMJS baru saja melakukan rights issue dan IMAS menyerap haknya dalam HMETD ini. Dalam pengumuman di laman keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, IMAS yang dikendalikan Grup Salim melalui Gallant Venture Ltd membeli sebanyak 2,65 miliar unit saham dengan harga pembelian Rp 230.saham atau setara Rp 610 miliar.

Transaksi dilaksanakan pada 27 Agustus 2020 berupa penempatan investasi langsung.

Setelah transaksi ini, kepemilikan saham IMAS tetap sebesar 91,97% berdasarkan total jumlah saham IMJS sampai berakhirnya Penawaran Umum Terbatas (PUT) III pada 27 Agustus 2020. Namun, jumlah saham mengalami penambahan dari sebelumnya 5,30 miliar menjadi 7,95 miliar.

"Perubahan jumlah tersebut dalam rangka pelaksanaan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu sehubungan dengan Penawaran Umum Terbatas III," demikian keterangan Direktur Utama Indomobil Group, Jusak Kertowidjojo.

Laporan keuangan IMAS per Juni 2020 mencatat Gallant Venture Ltd., yang berbasis di Singapura adalah entitas induk dari IMAS. Situs resmi Gallant mencatat salah satu petinggi Gallant yakni Axton Salim yang menjadi Non Executive Director. Axon adalah generasi ketiga dari keluarga bisnis Grup Salim yang dibangun oleh mendiang Sudono Salim.

Saham emiten Grup Salim lainnya yang juga menguat yakni duo Indofood. Saham PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) naik 2,63% di posisi Rp 7.800/saham dengan nilai transaksi Rp 66,52 miliar.

Sepekan terakhir saham INDF naik 2.30% dan sebulan terakhir perdagangan akumulatif saham INDF naik 10,25%.

Sementara itu, saham anak usahanya yakni PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), produsen mie instan Indomie, naik tipis 0,24% di level Rp 10.325/saham dengan nilai transaksi Rp 29,86 miliar dan volume perdagangan 2,90 juta saham.

Sepekan terakhir secara akumulatif saham ICBP naik 0,09% dan sebulan terakhir justru minus 2,13% dengan kapitalisasi pasar Rp 120,41 triliun.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading