Nilai Transaksi di Bursa Ambles, BEI: Ini Kurang Oke

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
04 December 2019 15:29
Nilai Transaksi di Bursa Ambles, BEI: Ini Kurang Oke Foto: Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun ini menargetkan rata-rata nilai transaksi harian (RNTH) sepanjang 2019 sebesar Rp 9,25 triliun per hari. Jumlah ini hanya naik 9,09% dari RNTH sepanjang tahun lalu.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa Laksono Widodo mengatakan nilai transaksi harian beberapa waktu terakhir memang terbilang rendah dibandingkan waktu normal. Salah satunya disebabkan karena broker yang mulai berhati-hati melakukan transaksi saham, terutama di saham-saham yang memiliki kapitalisasi pasar kecil.

"[RNTH] yang sekarang kurang oke ... Kalau ditanya saya, karena kita target RNTH Rp 9,25 triliun, transaksi di bawah Rp 7 triliun itu kurang bergairah. Kan bisa juga karena faktor eksternal, bisa juga karena kejadian terakhir-terakhir ini," kata Laksono di kawasan Senopati, Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Sebagai informasi, RNTH sepanjang tahun ini hingga penutupan perdagangan kemarin Selasa (4/12/2019) mencapai Rp 9,21 triliun.


Dia menyebutkan, kondisi ini normal terjadi jika ada shock di market yang langsung direspon oleh pelaku pasar. "Kan biasa setiap ada kejadian yang baru, market kemudian melakukan assestment ini gimana nih. Kalau kondisi sudah tenang lagi akan baik lagi," terangnya.

Terlebih, saat ini sudah mendekati akhir tahun, biasanya investor cenderung melakukan window dressing yang dinilai dapat meningkatkan nilai transaksi harian. Lalu di tahun depan BEI mengharapkan pada 2020 RNTH akan menjadi lebih baik dengan masuknya emiten-emiten baru dengan size yang lebih besar.

Sekedar informasi, sepanjang November lalu saja nilai transaksi harian hanya mencapai Rp 7,4 triliun/hari.

Rerata nilai transaksi itu melorot 21,71% dari rerata transaksi 10 bulan pertama tahun ini Rp 9,46 triliun/hari dan bahkan masih di bawah rerata nilai transaksi tahun lalu Rp 8,5 triliun/hari dan rerata transaksi 2017 Rp 7,6 triliun/hari. (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading