Setelah 2023, Satu Lot Saham Setara Satu Unit Saham?

Market - Lalu Rahadian, CNBC Indonesia
18 March 2022 15:00
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC IndonesiaPT Bursa Efek Indonesia (BEI) menilai semakin kecil jumlah saham yang ada di dalam satu lot akan menambah volume transaksi harian di pasar. Hal ini yang membuat BEI memiliki wacana pengubahan satuan lot saham akan dilakukan paling cepat setelah 2023.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa Laksono W.Widodoberkata, sampai saat ini BEI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) belum menentukan berapa besar penyesuaian jumlah saham dalam satu lot yang akan dilakukan. Dia berkata, penyesuaian akan dilakukan setelah BEI meningkatkan kapasitas perdagangan.

"Belum tahu. Belum di decide. Kan masih usulan. Makin kecil bisa semakin banyak transaksi nya dan dampaknya nya ke kapasitas mesin perdagangan," kata Laksono kepada CNBC Indonesia, Jumat (18/3/2022).


Pada kesempatan terpisah, Laksono berkata pengurangan jumlah saham dalam satu lot akan membuat investasi melalui saham makin terjangkau. Soalnya, jumlah saham yang kecil membuat modal investor pemula untuk mulai bertransaksi akan berkurang.

"Kalau kita buat 1 lot itu 10 lembar, atau bahkan 1 lembar, itu akan membuat market semakin terjangkau terutama bagi pemodal yang istilahnya kantongnya lebih kecil untuk pelajar, pemula, dan sebagainya," ujarnya di acara LPPI Virtual Seminar.

Laksono berkata, saat ini kapasitas perdagangan yang bisa dilayani BEI adalah 7,5 juta kali per hari. Rata-rata transaksi saat ini mencapai 1,5 juta kali per hari.

"Kami mau memastikan kemampuan mesin cukup dan akan kami upgrade 2023. Setelah tahun depan usulan mengenai penurunan jumlah lembar lot itu bisa diterapkan dengan tenang karena kami yakin transaksinya masih bisa berjalan dengan baik di Bursa Efek Indonesia," ujarnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jumlah Saham Dalam 1 Lot Bakal Makin Kecil, Biar Apa?


(RCI/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading