Tanda-tanda Kebangkitan Makin Nyata, Harga CPO Rekor Lagi

Market - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
12 November 2019 10:46
Harga CPO terus naik karena produksi dan stok turun sementara permintaan naik
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak sawit mentah (CPO) tak bosan cetak rekor tertinggi barunya. Kenaikan harga CPO disebabkan oleh penurunan output dan naiknya ekspor minyak sawit Malaysia.

Harga CPO kontrak pengiriman 3 bulan di Bursa Malaysia Derivatif ditransaksikan di level 2.638 ringgit/ton pada 10.10 WIB. Harga CPO naik 11 ringgit atau 0,42% dibanding harga penutupan perdagangan kemarin.




Harga CPO tembus melampaui level psikologis selanjutnya di 2.600 ringgit/ton. Kenaikan harga dipicu oleh turunnya produksi dan juga stok serta melonjaknya ekspor minyak sawit Malaysia.

Mengutip Reuters, Dewan Sawit Malaysia (MPOB) merilis data stok minyak sawit Malaysia periode Oktober turun 4,1% dibanding bulan sebelumnya menjadi 2,35 juta ton. Stok ini merupakan yang terendah kedua tahun ini setelah stok bulan Agustus yang mencapai 2,25 juta ton.

Penurunan stok ini di luar dugaan, padahal poling yang dihimpun Reuters sebelumnya menunjukkan bahwa stok akan berada di level 2,52 juta ton naik dari bulan September sebesar 2,45 juta ton.

Sementara itu output atau produksi minyak sawit turun menjadi 1,79 juta ton dari bulan sebelumnya sebesar 1,88 juta ton. Penurunan output disebabkan oleh adanya kekeringan dan kabut yang juga menurunkan produktivitas.

Dari sisi ekspor juga mengalami peningkatan. Ekspor minyak sawit Malaysia bulan Oktober mencapai 1,64 juta ton melampaui poling Reuters yang hanya 1,59 juta ton. Ekspor minyak sawit Malaysia bulan Oktober lebih tinggi dibanding ekspor September atau naik 16,4%.

Peningkatan ekspor terjadi karena tingginya permintaan minyak sawit dari China akibat penurunan pasokan minyak kedelai.

Sementara itu survei yang dilakukan oleh lembaga survei independen kenamaan Intertek Testing Services mengatakan bahwa ekspor produk minyak sawit Malaysia periode 1-10 September mencapai 344.330 ton sementara pada 1-10 Oktober naik menjadi 412.020 ton.

Artinya ekspor produk minyak sawit Malaysia melonjak hingga 19,7% pada periode 1-10 November dibanding periode yang sama bulan sebelumnya.

Penurunan produksi, stok dibarengi dengan permintaan yang naik membuat harga CPO terangkat.

Ini Katalis Baru yang Bangkitkan Harga CPO
[Gambas:Video CNBC]



TIM RISET CNBC INDONESIA

(twg/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading