Megaproyek Habibie-Pollux, Sudah Sampai Mana Progresnya?

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
10 September 2019 17:33
Bagaimana progres pembangunan proyek yang diperkirakan bernilai investasi US$ 1 miliar ini?

Jakarta, CNBC Indonesia - Keluarga Presiden Indonesia ketiga B.J Habibie bersama dengan pengembang apartemen kelas atas PT Pollux Properti Indonesia Tbk. (POLL) tengah membangun kawasan terintegrasi megasuperblock Meisterstadt di Batam. Proyek ini diberi nama diberi nama Pollux Habibie Internasional.

Bagaimana progres pembangunan proyek yang diperkirakan bernilai investasi US$ 1 miliar atau setara dengan Rp 14 triliun ini?

Direktur Pollux Properti Maikel Tanuwijaja mengatakan progres pembangunan proyek ini masih berada di tahap I dari rencana seluruhnya empat tahap. Di tahap I ini, telah dirampungkan topping off empat tower.


"Saat ini kami sudah melaksanakan Topping off untuk empat tower dan rencananya untuk tower 1 dan 2 akan kami serahterimakan di bulan Desember 2019," kata Maikel kepada CNBC Indonesia, Selasa (10/9/2019).

Berdasarkan
masterplan kawasan tersebut, tanah seluas 9 hektare nantinya akan dibangun universitas, mall, central park, 8 tower apartemen, 1 rumah sakit, 1 hotel dan kawasan niaga. Satu tower lainnya disebut-sebut akan menjadi gedung tertinggi dengan ketinggian sebanyak 100 lantai yang akan digunakan sebagai perkantoran.

Sebagai perbandingan, data Skyscrapercenter.com mencatat gedung tertinggi di Jakarta yakni Gama Tower atau
Menara Rasuna yang berada di Jalan HR. Rasuna Said dengan 69 lantai, disusul Treasury Tower (61) dan Menara Astra (51 lantai).

Meisterstadt Batam dikembangkan dengan mengacu pada konsep kemajuan kota berstandar Jerman. Hal ini dapat dilihat pada komposisi bangunannya yang saling terintegrasi dengan beberapa proyek properti khususnya perkantoran dan rumah sakit.





(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading