Gilak! Saham TRIO Melesat 752%, gegara IMEI atau Kinerja?

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
16 July 2019 09:27
Gilak! Saham TRIO Melesat 752%, gegara IMEI atau Kinerja?
Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah sanksi penghentian perdagangan sementara (suspensi) atas saham PT Trikomsel Oke Tbk (TRIO) dicabut, harga saham peritel ponsel ini kembali melesat pada hari ini, Selasa (16/7/2019).

Pada awal-awal perdagangan atau sekitar 6 menit pertama transaksi dimulai, harga saham TRIO langsung melesat 24,56% ke level Rp 426/saham.

Volume perdagangan saham mencapai 2 juta saham dengan nilai Rp 797 juta. Kenaikan harga saham ini membuat nilai kapitalisasi saham saham TRIO menjadi Rp 11,08 triliun.



Kenaikan harga saham TRIO dalam sebulan terakhir begitu fantastis hingga 752%. Ada dugaan kenaikan ini didorong oleh langkah pemerintah membuat regulasi tentang IMEI untuk ponsel-ponsel yang beredar di Indonesia, terutama ponsel ilegal.

Rencana pemerintah menerapkan aturan verifikasi dan nomor identitas asli ponsel melalui International Mobile Equipment Identity (IMEI) ini mampu mengangkat saham-saham penjualan ponsel, salah satunya TRIO.

Rencananya regulasi ini akan diterapkan pada 19 Agustus 2019.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan regulasi IMEI bertujuan untuk melindungi konsumen selain melindungi industri ponsel dalam negeri.

Bahkan pengguna bisa menyerahkan kode IMEI kepada kepolisian untuk diidentifikasi dan menindaklanjuti kasus pencurian berdasarkan pelacakan terhadap kode IMEI.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Industri Perangkat Telematika Indonesia (AIPTI) Hendrik Karosekali mengungkapkan, pengaturan IMEI pada ponsel merupakan usulan dari pihaknya kepada Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan sudah lama ditunggu oleh asosiasi dan produsen ponsel Tanah Air.

Menurutnya, aturan validasi IMEI ini ibarat STNK kendaraan dan sangat efektif mengeliminasi ponsel ilegal dengan menggunakan teknologi DIRBS (Device Identification, Registration, and Blocking System). Ini karena pengendalian Bea dan Cukai Kementerian Keuangan dan Kementerian Perdagangan secara fisik belum mampu mengatasi hal tersebut.

Nantinya, setiap ponsel memiliki nomer IMEI yang akan didaftarkan di dalam sistem DIRBS yang dikembangkan Kemenperin. Operator telekomunikasi kemudian memasang aplikasi dengan memasukkan semua nomor IMEI dari database Kemenperin.

Terakhir kali menyampaikan keterbukaan informasi BEI, manajemen Trikomsel menyebutkan tidak ada fakta atau informasi material yang mempengaruhi kenaikan harga saham. Hal ini menanggapi pergerakan harga sahamnya yang naik signifikan belakangan ini.

"Perseroan tidak mengetahui adanya informasi atau fakta material yang dapat mempengaruhi nilai efek perusahaan atau keputusan investasi pemodal sebagai mana diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 31/POJK.04/2015," kata Corporate Secretary Trikomsel Mely, melalui keterbukaan informasi yang disampaikan, Kamis (11/6/2019).


Aturan EMEI Bikin Saham Ritel Ponsel Melambung
[Gambas:Video CNBC]

Selain itu, perseroan juga menyampaikan tidak mengetahui ada aktivitas dari pemegang saham tertentu. Mely juga menegaskan, perseroan tidak memiliki rencana untuk melakukan tindakan korporasi dalam waktu dekat.

Kemarin Bursa Efek Indonesia (BEI) sempat menghentikan perdagangan saham TRIO. Namun pagi ini kembali dibuka dan bisa ditransaksikan. (hps/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading