Disebut Caplok Bhinneka.com, Saham Telkom Dilego Asing Rp 29M

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
21 June 2019 15:53
Investor asing tercatat melakukan jual bersih (net sell) atas saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.
Jakarta, CNBC Indonesia - Investor asing tercatat melakukan jual bersih (net sell) atas saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) sebesar Rp 29 miliar pada perdagangan pukul 15.40 WIB, Jumat jelang akhir pekan ini (21/6/2019).

Data perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) menunjukkan aksi jual bersih asing membuat saham Telkom amblas 1,98% di level Rp 3.960/saham dengan nilai transaksi Rp 293 miliar dan volume perdagangan 73,47 juta saham.

Dalam sepekan terakhir ini, saham Telkom minus 0,75%, kendati year to date atau tahun berjalan, saham Telkom naik 6%. Dalam sebulan terakhir ini, asing lepas Rp 437 miliar di semua pasar.


Saham Telkom tampaknya kurang mendapat sentimen positif dari kabar di pasar yang menyebutkan perseroan akan mengakuisisi saham Bhinneka.com. Rumor tersebut menyatakan Telkom akan mengakuisisi 51% saham salah satu e-commerce tertua di Indonesia ini. Belum diketahui berapa nilai transaksi tersebut.

Ketika dikonfirmasi, Pendiri dan CEO Bhinneka.com Hendrik Tio menolak mengonfirmasi isu tersebut.


"Belum nih, saat ini masih belum bisa komen. Nanti kalau semua sudah done saya kasih tahu ya," ujarnya kepada jurnalis CNBC Indonesia melalui layanan berbagi pesan WhatsApp, Rabu (19/6/2019).

Baik Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo dan Presiden Direktur Telkom Ririek Adriansyah juga tidak merespons permintaan konfirmasi CNBC Indonesia.

Dalam keterbukaan informasi Jumat ini di BEI, Telkom menginformasikan menjual 67% kepemilikannya di PT Jalin Pembayaran Nusantara (JPN) ke PT Danareksa (Persero). Penjualan ini dalam rangka pelaksanaan pembentukan holding perbankan.

TLKM menjual 654.084 saham yang mewakili 67% kepemilikan di Jalin Pembayaran Nusantara ke Danareksa dengan nilai Rp 394,57 miliar. Penjualan saham Jalin Pembayaran itu di bawah harga pasar. Pasalnya, harga wajar 67% saham tersebut Rp 412,76 miliar. Artinya Danareksa mendapatkan diskon harga sebesar 4,41%.

Kementerian BUMN berencana meluncurkan holding perbankan pada semester I-2019. Danareksa akan menjadi induk usaha yang memiliki anak usaha di bidang perbankan dan perusahaan penunjang perbankan lainnya.

JPN adalah perusahaan switching yang dikenal dengan brand LINK. Jalin Pembayaran mengelola mesin anjungan tunai (ATM) dan electronic data capture (EDC) milik bank BUMN.

Telkom dikabarkan caplok Bhineka.com.

[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Telkom Raup Laba Bersih Hingga Rp 18,66 T pada 2019


(tas/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading