Jelang Pengumuman The Fed, Trump Sindir Powell Lagi

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
19 June 2019 11:58
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali meluncurkan serangan kepada bos bank sentral Federal Reserve, Jerome Powell.
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali meluncurkan serangan kepada bos bank sentral Federal Reserve, Jerome Powell.

Ketika ditanya wartawan, apakah dia masih berniat memecat jabatan Powell, Trump menjawab, "Mari kita lihat apa yang dia lakukan."

Pernyataan Trump itu dikeluarkan pada Selasa (18/6/2019), sehari sebelum The Fed mengumumkan kebijakannya terkait suku bunga.


Sang mantan taipan properti itu menambahkan bahwa dirinya menginginkan kesetaraan/ level playing field dari The Fed.


Bloomberg News, pada Selasa pagi, melaporkan bahwa Gedung Putih telah berupaya menurunkan Powell dari jabatannya pada bulan Februari. Namun, penasihat ekonomi Gedung Putih, Larry Kudlow, mengatakan kepada wartawan bahwa pemerintahan Trump saat ini tidak sedang mempertimbangkan langkah seperti itu.

Melansir CNBC International, The Fed akan membuat keputusan tentang suku bunga pada Rabu pukul 2 siang waktu setempat atau Kamis dini hari waktu Indonesia. Pengumuman ini merupakan hasil rapat selama dua hari yang dimulai Selasa.

The Fed diproyeksikan tidak akan membuat perubahan dalam kebijakannya, namun investor berharap bank sentral memberi sinyal akan memangkas suku bunga setelah bulan Juli.

Jelang Pengumuman The Fed, Trump Sindir Powell LagiFoto: Gubernur Bank Sentral AS (The Fed) Jerome Powell (REUTERS/Al Drago)

Powell akan mengadakan konferensi pers di hari Rabu setelah keputusan dibuat.

Trump dalam beberapa hari terakhir juga telah menekan agar The Fed tidak menaikkan suku bunga. Trump mengatakan bahwa suku bunga yang relatif lebih rendah untuk euro akan memberikan keuntungan bagi negara-negara lain terhadap AS.

Komentar frontal seperti ini bukan hal baru bagi Trump. Presiden kontroversial ini telah mengklaim bahwa tujuh kali kenaikan suku bunga oleh The Fed pada tahun 2017 dan 2018 telah menahan laju pertumbuhan ekonomi AS.
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading