Bursa Saham Buka 10 Juni, Simak Aksi Emiten Sepekan Ini

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
02 June 2019 11:25
Bursa Saham Buka 10 Juni, Simak Aksi Emiten Sepekan Ini
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melejit 1,72% pada akhir perdagangan sebelum libur Lebaran, Jumat (31/5/2019) ke level 6.209,12.

Penguatan ini membawa IHSG sepanjang pekan ini menguat 2,50% dibanding penutupan perdagangan pada pekan sebelumnya. Jika dihitung dari awal tahun hingga akhir Mei, bursa saham Indonesia menunjukkan kinerja yang positif; Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat sebesar 0,24%.

Perdagangan saham akan dibuka kembali pada Senin 10 Juni mendatang. 


Sebagai referensi investasi, berikut rangkuman aksi korporasi sepanjang periode 27-31 Mei 2019 yang bisa dijadikan informasi sebelum memulai investasi nanti.

1. Resmi Merger, Ini Rencana Bank IBK Ekspansi di Pasar RI
Para pemegang saham PT Bank Agris Tbk (AGRS) dan PT Bank Mitraniaga Tbk (NAGA) pada Jumat (31/5/2019), menyepakati bergabungnya kedua bank menjadi PT Bank IBK Indonesia Tbk. Industrial Bank of Korea (IBK) selaku pemegang saham mayoritas berambisi menjadikan IBK Indonesia sebagai bank sektor small medium enterprise (SME) nomor satu di Indonesia.

2. Disuspensi & Lapkeu Disclaimer, Ini Penjelasan Bakrie Telecom
Pada perdagangan sesi II Senin (27/5/2019), Bursa Efek Indondesia (BEI) menghentikan sementara perdagangan emiten telekomunikasi asuhan Grup Bakrie, PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL). Menanggapi keputusan tersebut, manajemen BTEL buka suara dan menyampaikan bahwa opini disclaimer diberikan karena proses restrukturisasi Wesel Senior oleh Bakrie Telecom Pte. Ltd belum selesai atau masih dalam tahap finalisasi.

3. Atlas Resources Buka Tambang Gorby Energy di Oktober 2019
Perusahaan pertambangan, PT Atlas Resources Tbk (ARII) menargetkan membuka tambang Gorby Energy di Hub Mutara Tengah, Kabupaten Musi Rawas dan Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, paling lambat pada Oktober mendatang.

4. Raih Restu OJK, Bali United Siap Tawarkan Saham 10-12 Juni
Klub sepak bola asal Gianyar, PT Bali Bintang Sejahtera atau Bali United telah mendapat pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) pada Juni tahun ini.
"Per hari ini [Jumat, 31 Mei] sudah efektif dari OJK," kata Pieter Tanuri, pemilik kesebelasan Bali United kepada CNBC Indonesia, Jumat (31/5/2019).


5. Didenda Rp 188 M di Australia, Garuda Buka Suara
Regulator persaingan usaha Australia, Kamis (30/2019), mengatakan Pengadilan Federal negara itu telah memerintahkan maskapai PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) untuk membayar denda AU$ 19 juta (Rp 187,8 miliar) karena melakukan penetapan harga (price fixing).

6. Genjot Modal, Bank Victoria Rilis Obligasi Rp 500 M
PT Bank Victoria Internasional Tbk (BVIC) akan menerbitkan surat utang atau obligasi senilai total Rp 500 miliar, terdiri dari dua jenis yakni obligasi konvensional sebesar Rp 100 miliar dan obligasi subordinasi (subdebt) Rp 400 miliar.

7. Prajogo Pangestu Tekor, Laba Barito Pacific Q1 Anjlok 80,37%
Performa keuangan buruk dari anak usaha PT Barito Pacific Tbk (BRPT) yang melamah ikut mempengaruhi kinerja perseroan pada kuartal I-2019. Barito Pacific membukukan penurunan laba bersih yang lebih dalam hingga 80,37% secara tahunan pada kuartal I-2019 dari laba US$ 29,59 juta menjadi hanya US$ 5,81 juta atau setara Rp 82,97 miliar.

8. Bayar Utang, VIVA Divestasi 25% Saham di Kuartal III-2019
Emiten media di bawah Grup Bakrie, PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) berencana mendivestasi saham bersamaan dengan private placement dengan nilai maksimal saham yang akan dilepas sebesar 25%. Divestasi saham itu dilakukan perseroan untuk membayar utang dan menambah modal kerja.

9. Perhatian! CA Capital Siap Borong Saham Panin Milik ANZ
Konsorsium investor yang dipimpin CA Capital dikabarkan akan membeli saham PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN) atau PaninBank. Salah seorang investment banker yang menjadi sumber CNBC Indonesia yang tak bersedia disebutkan namanya, menyampaikan hal tersebut secara langsung.

10. Garap Film Gundala, VIVA Rogoh Dana Rp 30 M Lebih
Emiten media PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) milik keluarga Bakrie, mendiversifikasi usahanya ke bisnis film dengan menggandeng BumiLangit Studios, perusahaan yang telah mengumpulkan lebih dari 1.000 karakter superheroes lokal. Strategi itu dilakukan perseroan agar tidak hanya mengandalkan pendapatan dari bisnis televisi free to air (FTA) yang saat ini masih dominan.

11. Laba AirAsia Anjlok Jadi Rp 329 M di Kuartal I-2019
Maskapai berbiaya rendah asal Malaysia, AirAsia Group Bhd, mengumumkan membukukan laba bersih 96,09 juta ringgit (Rp 329 miliar) di kuartal pertama tahun ini. Perusahaan juga membuat keputusan mengejutkan dengan membagikan dividen spesial senilai 90 sen ringgit (Rp 3.000) per saham.

12. Profit Naik, Duo Indofood Tebar Dividen 50% dari Laba Bersih
Emiten Grup Salim, PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) dan anak usahanya PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) membagikan dividen sebesar Rp 50% dari total laba bersih kedua perusahaan sepanjang tahun lalu.
Direktur Indofood Thomas Tjhie mengatakan kedua perusahaan konsisten memberikan dividen kepada pemegang saham dengan rasio yang sama tiap tahun.

13. Laba Q1 Amblas 77%, Ternyata Ini Penekan Kinerja Chandra Asri
Kinerja keuangan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) tampaknya masih belum sepenuhnya pulih pada 3 bulan pertama tahun ini. Mengacu laporan keuangan perusahaan, hingga akhir Maret 2019, total pemasukan yang diterima perusahaan menyusut 20,58% dibandingkan perolehan pada kuartal I-2018. Pendapatan TPIA pada kuartal I-2019 tercatat US$ 552,22 juta atau setara Rp 7,89 triliun (asumsi kurs Rp 14.286/US$).

14. Kurang Produktif, Medco Lepas Aset Migas di Tunisia
PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) akan melepas kepemilikan aset minyak dan gas di luar negeri, salah satunya Tunisia yang dinilai kurang produktif ladang minyaknya. Presiden Direktur Medco Energi Hilmi Panigoro mengatakan keluarnya perusahaan dari aset di Tunisia bukan karena faktor konflik geopolitik yang mengganggu masa depan eksplorasi minyak dan gas, melainkan posisi negara paling utara di Afrika itu dirasa kurang cocok dengan ukuran operasinya.

15. Hotel Fitra di Majalengka IPO, Harga Penawaran Rp 102/saham
PT Hotel Fitra Internasional menetapkan harga penawaran saham perdana di level Rp 102/saham. Perusahaan melepas sebanyak 220 juta saham ke publik melalui mekanisme penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO). Perseroan berpotensi memperoleh dana senilai Rp 22,44 miliar. Masa penawaran umum akan dilakukan pada 28-29 Juni 2019.

16. Proses PKPU TPS Food Berakhir, Taro Selamat dari Jerat Pailit
PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) akhirnya menyelesaikan seluruh proses penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) yang membelitnya. Dengan demikian perusahaan dapat kembali berfokus pada operasional perusahaan dan menyelesaikan kewajiban pembayaran utang dengan skema baru.

17. Indonesian Tobacco IPO, Harga Penawaran Rp 180-230/saham
Perusahaan produsen tembakau, PT Indonesian Tobacco Tbk siap melantai di Bursa Efek Indonesia (BE) dengan menerbitkan saham perdana atau initial public offering (IPO).

Perseroan akan menawarkan 274,06 juta atau setara 29,13% saham kepada publik dalam IPO dan menawarkan harga saham pada kisaran Rp 180 - Rp 230/sahamnya. Dengan demikian target perolehan dana gelaran IPO tersebut Rp 49,33 miliar hingga Rp 63,03 miliar.

18. Sumber: Rencana Mandiri Akuisisi Permata Resmi Batal!
Rencana PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) mencaplok saham PT Bank Permata Tbk (BNLI) dikabarkan kandas menurut sumber CNBC Indonesia yang mengetahui rencana ini.

Bank Mandiri dan pemegang saham Bank Permata yakni Standard Chartered Bank (Stanchart) dan PT Astra International Tbk (ASII) diketahui tak menemukan kata sepakat terkait dengan harga jual per saham bank tersebut.

19. Multistrada & Pieter Tanuri Digugat Peritel Ban Arab Saudi
Tire Technology Est, perusahaan penjualan dan peritel ban asal Arab Saudi, menggugat PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) dan Pieter Tanuri, sang pemilik lama Multistrada sebelum diakuisisi mayoritas oleh Michelin.
Dalam dokumen pendaftaran gugatan yang diajukan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, surat gugatan bertanggal 13 Mei 2019.
Pendaftaran gugatan disampaikan pada 16 Mei 2019 dan sidang pertama akan dilakukan pada 16 Juni 2019.

20. Anindya Bakrie Bicara Soal Rencana Pieter Tanuri Masuk VIVA
Manajemen PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) rupanya masih enggan terbuka terkait rencana pengusaha Pieter Tanuri yang akan masuk sebagai investor. Namun rencana tersebut tampaknya memang sedang dijajaki antara VIVA dan Pieter Tanuri karena punya kesamaan visi ingin bermain di industri media dan hiburan olah raga.

(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading