Yusuf Mansur & Adhi Commuter Bangun Proyek TOD Rp 1,5 T

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
30 May 2019 07:36
Yusuf Mansur & Adhi Commuter Bangun Proyek TOD Rp 1,5 T
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Adhi Commuter Properti (ACP) yang mengkhususkan dirinya sebagai pengembang kawasan transit-oriented development (TOD) bakal menambah portofolionya di wilayah Sentul, Bogor. Kawasan TOD ini akan dibangun di atas tanah milik perusahaan dan ustaz kondang Yusuf Mansur dengan total nilai investasi Rp 1,5 triliun.

Direktur Keuangan ACP Mochammad Yusuf mengatakan TOD baru ini akan dibangun berdekatan dengan transportasi light rail transit (LRT) tahap 2. Proyek ini direncanakan akan mulai digarap pada awal 2020 dan ditargetkan rampung seluruhnya pada 2029.



"Konsepnya mixed use, ada empat tower apartemen dan satu hotel dan juga akan ada kawasan penunjang lainnya. Satu tower akan mulai dibangun tahun depan, pembangunannya dua tahun sehingga lima tower bisa selesai 10 tahun," kata Yusuf kepada CNBC Indonesia, Rabu (29/5/2019).


Dia menjelaskan seluruh dana pengembangan akan ditanggung oleh ACP, namun proyek ini dibangun dengan sistem kerja sama operasional (KSO). Pihak Yusuf Mansur hanya akan menyetorkan lahannya dan setelahnya akan menerima dana pengembalian lahan dan bagi hasil dengan rasio 80:20 untuk ACP.

Menurut Yusuf, pembangunan proyek dengan berkolaborasi bersama pemilik lahan ini dilakukan untuk menanggulangi keterbatasan dana yang dimiliki perusahaan namun tetap dapat menguntungkan karena dapat meningkatkan aset perusahaan.

Yusuf Mansur & Adhi Commuter Bangun Proyek Rp 1,5 TFoto: Peresmian hunian terintegrasi di 3 stasiun kereta api Rawa Buntu, Jurangmangu dan Cisauk di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/12). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Rencananya dana pembangunan proyek di Sentul ini sebesar 30% akan berasal dari kas internal perusahaan. Sementara sisanya, anak usaha PT Adhi Karya Tbk (ADHI) akan mencari utangan perbankan dibantu dengan dana hasil pra-penjualan yang rencananya akan dilakukan awal kuartal keempat 2019.

Apartemen ini didapuk menjadi apartemen kelas menengah dengan rencana penjualan awal seharga Rp 16 juta/meter.

Belum lama ini kedua belah pihak telah melakukan pertemuan untuk membahas desain rencana (master plan) pembangunan kawasan ini. Hal itu diungkapkan Yusuf Mansur dalam akun Instagram resminya, @yusufmansurnew.



"Tadi barusan di kantor ACP, anak perusahaan Adhi Karya, ada media gathering. Bicara-bicara soal pemaparan sampai dengan step hari ini; desain master plan. Untuk melangkah ke perizinan," tulisnya Rabu (29/5/2019).

ACP merupakan perusahaan yang mengembangkan hunian apartemen dengan model transit oriented development (TOD). Hunian ini dibangun di wilayah yang berdekatan dengan stasiun LRT (LRT City). Saat ini perusahaan tengah melakukan pembangunan kawasan hunian di wilayah Bogor, Bekasi, dan Ciracas.


Saksikan video mengenai kesiapan PT Adhi Commuter Properti untuk IPO berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading