Duh! 3 Saham Didepak dari Jakarta Islamic Index, Siapa Saja?

Market - tahir saleh & Irvin Avriano Arief, CNBC Indonesia
29 May 2019 19:03
Duh! 3 Saham Didepak dari Jakarta Islamic Index, Siapa Saja?
Jakarta, CNBC Indonesia - Saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), PT Summarecon Agung Tbk (SMRA), dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) keluar dari indeks saham syariah, Jakarta Islamic Index (JII). 

Dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu ini (29/5/19), ketiga saham syariah itu digantikan oleh PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk (BTPS), PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA), dan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA).  

Daftar saham yang masuk ke dalam indeks (konstituen) JII tersebut akan berlaku untuk periode Juni-November 2019.

Selain BTPS, ERAA, dan JPFA, beberapa penghuni lain JII adalah PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Astra International Tbk (ASII), PT Barito Pacific Tbk (BRPT), PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), dan PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN).
  





JII adalah indeks saham syariah yang terdiri dari 30 saham yang dipilih berdasarkan kapitalisasi pasar terbesar di antara saham syariah dan disaring lagi berdasarkan nilai transaksi tertinggi di pasar reguler. 

Filterisasi dilakukan dari Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) yang menjadi indeks seluruh saham syariah di Daftar Efek Syariah (DES), di mana ISSI berisi 407 saham. 

Saat ini, sekurangnya enam dari tujuh reksa dana indeks serta satu dari dua reksa dana yang dapat ditransaksikan di bursa (exchange traded fund, ETF) memanfaatkan JII sebagai acuan portofolionya. 



Selain merevisi konstituen JII, otoritas bursa juga mengevaluasi indeks JII-70, yang berisi 70 saham syariah yang sudah diseleksi dari ISSI.
 

Evaluasi tersebut membuat 11 saham keluar dan lima saham baru masuk ke dalam indeks tersebut.

Uniknya, SMRA dan TPIA tidak keluar dari JII-70 meskipun dikeluarkan dari JII.
 

Sebanyak 11 saham yang baru dikeluarkan dari JII-70 adalah PT Agung Podomoroland Tbk (APLN), PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS), PT Elnusa Tbk (ELSA), PT Inti Agri Resources Tbk (IIKP), PT Indofarma Tbk (INAF), dan PGAS. 

Emiten lain adalah PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS), PT Rimo International Lestari Tbk (RIMO), PT Semen Baturaja Tbk (SMBR), PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM), PT Visi Media Asia Tbk (VIVA). 

Sebaliknya, emiten yang baru masuk ke dalam JII-70 adalah PT Mitra Pinasthika Mustika tbk (MPMX), PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO), PT Transcoal Pacific Tbk (TCPI), PT Integra Indocabinet Tbk (WOOD), dan PT Kapuas Prima Coal Tbk (ZINC).    


TIM RISET CNBC INDONESIA


(irv)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading