2 Hari Loyo, Angin Segar dari AS Hijaukan IHSG Hari Ini

Market - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
10 May 2019 09:58
Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah melemah dalam 2 hari perdagangan terakhir, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akhirnya merasakan manisnya zona hijau pada hari ini, Jumat (10/5/2019).

Pada pembukaan perdagangan pagi ini, IHSG menguat 0,07% ke level 6.203,1. Pada pukul 9:25 WIB, penguatan IHSG sudah bertambah lebar menjadi 0,38% ke level 6.222,09.

Kinerja IHSG senada dengan bursa saham utama kawasan Asia yang juga ditransaksikan di zona hijau: indeks Nikkei naik 0,75%, Indeks Shanghai melesat 2,31%, indeks Hang Seng melejit 1,63%, indeks Straits Times naik 0,75%, dan indeks Kospi terapresiasi 0,74%.


Sentimen positif yang menyelimuti negosiasi dagang AS-China membuat aksi beli dengan gencar dilakukan oleh pelaku pasar saham Benua Kuning.

2 Hari Loyo, Angin Segar dari AS Hijaukan IHSG Hari IniFoto: Presiden AS Donald Trump (kanan) berbicara dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He di Washington, Kamis (4/4/2019). (Foto: REUTERS/Jonathan Ernst)

Kemarin (9/5/2019) dan hari ini waktu setempat, delegasi China bertemu dengan delegasi AS di Washington untuk membahas kesepakatan dagang antar kedua negara.


Negosiasi hari pertama berlangsung dengan pembicaraan selama 90 menit yang melibatkan Wakil Perdana Menteri China Liu He, Kepala Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin.

Walaupun belum ada detail terkait pertemuan tersebut yang diungkapkan ke media, ada optimisme yang menyelimuti jalannya dialog tersebut. Pasca mendarat di Washington, Liu He mengungkapkan bahwa ada harapan kedua negara bisa menyegel kesepakatan dagang.

"Kami datang ke sini di bawah tekanan yang menunjukkan ketulusan hati China dan ingin dengan tulus, percaya diri, dan rasional untuk menyelesaikan beberapa perbedaan yang dihadapi China dan AS. Saya rasa ada harapan," papar Liu He, dikutip dari Reuters.

Sebelumnya, optimisme membuncah kala Presiden AS Donald Trump mengaku telah menerima surat dari Presiden China Xi Jinping. Salah satu isi surat tersebut adalah "mari bekerja bersama dan kita lihat apa yang bisa kita capai," ujar Trump menirukan.

Trump pun ikut optimistis bahwa kesepakatan dagang bisa disegel.

"Adalah mungkin untuk melakukannya (menyegel kesepakatan dagang), mereka semua (delegasi China) ada di sini. Wakil Perdana Menteri (Liu He) yang merupakan salah satu orang yang paling dihormati dan salah satu pejabat tertinggi di China akan datang," papar Trump pada hari Kamis (9/5/2019) waktu setempat, dikutip dari CNBC International.

Sebagai informasi, AS masih berencana untuk menaikkan bea masuk terhadap produk China senilai US$ 200 miliar pada hari Jumat waktu setempat atau sekitar satu setengah jam lagi. Bea masuk yang kini dipatok di angka 10% tersebut akan dinaikkan menjadi 25%.

Namun, dengan pernyataan positif dari Liu He dan kehadiran 'surat cinta' dari Xi Jinping kepada Trump, diharapkan suasana bisa tetap dingin yang pada akhirnya akan membuat kesepakatan dagang menjadi mungkin untuk disegel.


LANJUT KE HALAMAN BERIKUTNYA>> (ank/tas)
1 dari 2 Halaman
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading