Nasib Malang untuk Suzuki & Honda, Penjualan Turun Terdalam

Market - Taufan Adharsyah, CNBC Indonesia
16 April 2019 13:35
Nasib Malang untuk Suzuki & Honda, Penjualan Turun Terdalam
Jakarta, CNBC Indonesia - Penjualan mobil merek Honda dan Suzuki masih tertekan pada 2019. Dua pabrikan asal Jepang ini tak kuasa menahan penurunan penjualan selama Maret.

Berdasarkan data penjualan Gabungan Industri Kendaran Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada Maret 2019 tercatat penjualan mobil sebanyak 90.189 unit atau turun sebesar 11,4% dibanding periode yang sama tahun lalu yang mencapai 101.797 unit.

Namun jika ditinjau secara bulanan, penjualan Mobil periode Maret 2019 masih tercatat meningkat 10,4%. Hal itu didukung oleh kinerja penjualan sejumlah merk mobil yang juga meningkat dibanding bulan sebelumnya.





Nissan merupakan brand yang mencatatkan pertumbuhan penjualan bulanan yang paling gemilang, yaitu sebesar 824,78%. Total penjualan mobil Nissan pada bulan Maret 2019 adalah sebesar 3.172 unit.

Tampaknya keputusan Nissan untuk bekerja sama dengan Mitsubishi untuk meluncurkan All New Livina bisa mendongkrak penjualan cukup signifikan.
Seperti yang diketahui, tahun 2019 Nissan meluncurkan All New Livina yang mana merupakan 'saudara' dari Mitsubishi Xpander. Platform dan mesin yang digunakan oleh All New Livina sama persis dengan yang digunakan oleh Xpander. Bedanya hanya pada interior dan bentuk badannya saja.

Sedangkan Toyota hanya mampu tumbuh sebesar 22,5% menjadi 28.728 unit. Kabar ini tentu saja membuat Toyota dapat sedikit bernapas lega karena pada bulan lalu pertubuhan penjualan Toyota tercatat negatif 6,55%.

Senada, Daihatsu pun juga mampu tumbuh sebesar 20,36% menjadi 19.625 unit. Pertumbuhan penjualan Daihatsu juga tercatat lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya yang sebesar 10,4%. Mitsubishi pun demikian dengan penjualan sebesar 13.164 unit, atau tumbuh sebesar 22,98% dibanding bulan sebelumnya.

Nasib malang dialami Honda dan Suzuki yang mana keduanya mencatatkan kinerja yang lebih buruk dibanding bulan sebelumnya.

Penjualan Honda sepanjang bulan Maret hanya sebesar 8.144 unit ternyata lebih rendah 23,44% dibanding bulan Februari. Suzuki lebih parah dengan penjualan yang hanya 6.291 unit pada bulan Maret, atau terkoreksi hingga 24,29% secara bulanan.

Mitsubishi Fuso dan Hino yang menjual mobil-mobil angkutan berat pun juga mengalami kontraksi penjualan masing-masing sebesar 24,5% dan 1,9%. Jelas bukan bulan yag baik bagi penjualan alat-alat berat. Mengingat sudah mendekati pemilu.

Jika dikelompokkan menjadi satu, maka total penjualan mobil yang masuk ke dalam grup PT Astra International Tbk (ASII) di bulan Maret adalah sebesar 50.607 unit atau meningkat hingga 20,5% dibanding Februari.

Sebagai informasi, merk mobil yang masuk dalam grup Astra adalah: Toyota; Daihatsu; Isuzu; UD Trucks; BMW; dan Peugeot.



TIM RISEt CNBC INDONESIA (taa/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading