Livina Baru Hadir, Avanza Melibas Penjualan Xpander

Market - Taufan Adharsyah, CNBC Indonesia
16 April 2019 11:59
Livina Baru Hadir, Avanza Melibas Penjualan Xpander
Jakarta, CNBC Indonesia - Toyota Avanza semakin mengukuhkan posisi sebagai 'raja' Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) dengan penjualan sebesar 8.538 unit pada Maret 2019 atau tumbuh sebesar 49,8% dibanding bulan sebelumnya.

Meskipun pada periode ini (Maret 2019) total penjualan mobil tercatat hanya sebesar 90.189 unit atau turun 11,4% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Bahkan angka tersebut merupakan kinerja penjualan mobil periode Maret yang paling rendah sejak tahun 2011.




Terpaut 423 unit, Mitsubishi Xpander tertinggal semakin jauh dari Avanza. Namun masih tetap berada di posisi kedua dengan total penjualan sebesar 8.115 unit, atau tumbuh 46,7% dibanding bulan sebelumnya.

Salah satu penyebab ketertinggalan Xpander adalah munculnya penantang baru, yaitu All New Livina. Mobil hasil  kerjasama Nissan dengan Mitsubishi tersebut menggunakan platform dan mesin yang sama persis dengan Xpander.

Perbedaan antara keduanya hanya sebatas bentuk badan dan interiornya saja. All New Livina lebih mengedepankan lekuk yang halus, dibanding Xpander yang tajam dan aggresif.

Sedangkan dari segi performa, fitur, dan kenyamanan berkendara, All New Livina hampir identik dengan Xpander. Alhasil, pasar Xpander harus sedikit terbagi.

Kemunculan All New Livina juga terbukti dapat mendongrak penjualan seluruh varian Livina. Pada bulan Maret, penjualan Livina tumbuh hingga 1.414,9% menjadi 2.439 unit. Tak hanya itu, penjualan Livina pada bulan Maret juga berhasil menempati posisi kelima di kelas LMPV, yang sebelumnya diduduki oleh Honda Mobilio.

Nasib kurang baik kali ini menimpa Mobilio dan Wuling Confero, karena penjualan keduanya turun masing-masing sebesar 23,1% dan 2,4% dibanding bulan Februari.



Dengan demikian, Avanza masih menjadi LMPV paling laris sepanjang kuartal I-2019, dengan total penjualan mencpai 19.806. Meski tetap berada di posisi runner up, Xpander tertinggal semakin jauh dengan penjualan sebesar 19.335 unit. Padahal pada periode Januari-Februari 2019, perbedaan penjualan Avanza dan Xpander hanya sebatas 20 unit saja.

Daihatsu Xenia dan Suzuki Ertiga tampaknya masih akan tetap bertahan di posisi tiga dan empat. Pasalnya penjualan Xenia terpaut sangat jauh dengan Xpander, mencapai 9.448 unit. Sedangkan selisih Ertiga dan Xenia mencapai 4.060 unit.

Sepanjang kuartal I-2019, Mobilio masih anteng di podium kelima dengan total penjualan 3.616 unit. Tapi kalau tak hati-hati, posisinya bisa digeser oleh Livina. Sebab penjualan Livina hanya terpaut 894 unit dengan Mobilio sejauh ini.

Namun kali ini Wuling Confero harus rela di posisi buntut dengan penjualan mencapai 1.511 unit.

TIM RISET CNBC INDONESIA (taa/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading