Penjualan Avanza Moncer di April, Xpander Makin Ketinggalan

Market - Taufan Adharsyah, CNBC Indonesia
22 May 2019 - 12:44
Penjualan Avanza Moncer di April, Xpander Makin Ketinggalan
Jakarta, CNBC Indonesia - Toyota Avanza semakin mengukuhkan posisi sebagai raja di kelas Low Multi Purpose Vehicle (LMPV). Pasalnya total penjualan wholesale (penjualan dari pabrik ke diler) Avanza sepanjang April ini mencapai 9.104 unit atau naik hingga 6,63% dibanding Maret 2019.

Bahkan kali ini, saingan utamanya, Mitsubishi Xpander hanya mampu membukukan penjualan sebesar 3.572 unit pada April, turun hingga 55,98% dibanding penjualan Maret 2019, mengacu data Gaikindo.





Itu artinya penjualan Avanza dan Xpander terpaut hingga 5.532 unit di bulan April. Sangat jauh dibanding selisih penjualan keduanya pada Maret 2019 yang hanya sebesar 423 unit.

Sebagai informasi, sejak tahun 2017, saat Xpander pertama kali diluncurkan, Avanza kedatangan kompetitor yang cukup kuat.

Akan tetapi pada awal tahun 2019, Toyota melakukan facelift alias redesign pada Avanza terbaru. Pembaruan yang dilakukan terhadap Avanza sebagian besar ada pada tampilan desain saja. Sementara performa mesin tetap dipertahankan.

Namun dengan data terbaru ini, sepertinya stratifikasi pasar semakin jelas. Perlu usaha lebih keras bagi Xpander untuk mengejar ketertinggalan.

Daihatsu Xenia pun bernasib kurang baik, yang mana hanya mampu terjual sebanyak 1.242 unit saja sepanjang April 2019 atau turun hingga 66% dibanding bulan sebelumnya. Dengan angka penjualan tersebut, Xenia harus rela turun peringkat menjadi yang kelima di antara LMPV lainnya. Padahal biasanya Xenia setia di peringkat tiga.

Suzuki Ertiga seakan ketiban 'durian runtuh' karena bisa menduduki peringkat tiga dengan penjualan sebesar 2.582 unit saja. Sejatinya penjualan Ertiga bulan April lebih rendah 10,9% dibanding Maret.

Menariknya penjualan Honda Mobilio bisa naik hingga 45,76% secara month on month (MoM) di bulan April menjadi 2.271 unit. Meski demikian, penjualan Mobilio masih belum mampu mengalahkan Ertiga.




Dengan demikian, pembagian segmen pasar di kelas LMPV semakin jelas.

Avanza terbukti masih menjadi LMPV paling diminati di tahun 2019 dengan total penjualan sepanjang Januari-April mencapai 28.910.

Sementara Xpander harus puas dengan urutan kedua dengan penjualan sebesar 22.927 unit pada periode yang sama. Gap penjualan antar keduanya sudah semakin jauh, yang merupakan indikasi minat konsumen atas Avanza jauh lebih tinggi.

Xenia mungkin masih bisa aman di posisi ketiga, karena sepanjang Januari-April 2019 telah terjual sebanyak 11.149 unit. Terpaut 2.720 unit dari pesaing terdekatnya, Ertiga. Tapi bila penjualan Xenia terus tergerus, bukan tidak mungkin posisi ini berubah di kemudian hari.

Meskipun Livina masih tetap bertengger di posisi 6, namun penjualan sepanjang Januari-April sudah sebesar 3.373 unit, atau naik hingga 84,92% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Itu karena tahun ini Nissan meluncurkan All New Livina yang menggunakan platform yang sama persis dengan Xpander. Perbedaan keduanya hanya terletak pada desain eksterior saja. Alhasil, peminat Xpander yang kurang suka dengan desainnya yang terlalu agresif memiliki pilihan All New Livina yang memiliki desain dominan kalem.

TIM RISET CNBC INDONESIA

Simak proyeksi penjualan mobil dan motor tahun ini.
[Gambas:Video CNBC]
(taa/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading