Waspada! IMF Peringatkan ada Potensi Resesi Global

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
12 April 2019 11:44
Waspada! IMF Peringatkan ada Potensi Resesi Global
Jakarta, CNBC Indonesia - Orang nomor dua diĀ Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan dunia perlu mewaspadai perlambatan ekonomi global.

Wakil Pertama Direktur Pelaksana IMF David Lipton mengatakan lembaganya tidak memproyeksikan terjadinya resesi global. Namun, pertumbuhan yang melambat menempatkan dunia di dalam situasi yang rentan.



"Kita memang perlu mencemaskan kemungkinan terjadinya resesi," ujarnya dalam sebuah diskusi di kantor IMF di Washington DC, Amerika Serikat (AS), Kamis (11/4/2019), dilansir dari Reuters.


Selasa lalu IMF memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia menjadi 3,3% di 2019. Angka ini adalah yang terendah sejak 2016 dan merupakan pemangkasan 0,4 poin persentase dari perkiraan yang dibuat di Oktober lalu.

Ketidakpastian yang timbul dari proses Brexit serta perseteruan dagang antara AS dan China disebut sebagai beberapa penyebab perlambatan itu.

IMF: Kita Mesti Waspadai Kemungkinan Terjadinya ResesiFoto: Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde (REUTERS/Kevin Lamarque)

Pemerintah Inggris dan Uni Eropa (UE) baru saja menyepakati perpanjangan Brexit hingga 31 Oktober setelah sebelumnya diperpanjang ke 12 April dari jadwal awal 29 Maret lalu. Penundaan itu disebabkan masih belum disepakatinya perjanjian Brexit antara Perdana Menteri Theresa May dan parlemen Inggris.

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde mengatakan perpanjangan itu membantu menghindarkan dunia dari hasil yang buruk dari Brexit tanpa kesepakatan atau no deal. Brexit no deal disebutnya dapat lebih jauh menekan ekonomi global yang sudah melambat.


Selain itu, beberapa pejabat juga telah menyebut ketegangan perdagangan sebagai salah satu biang kerok perlambatan ekonomi global.

Gubernur Bank of Japan (BOJ) Haruhiko Kuroda tetap berharap ekonomi Jepang yang sangat bergantung pada ekspor dapat segera bangkit. Ia juga menambahkan pembicaraan dagang AS-China membayangi proyeksi pertumbuhan ekonomi global.

"Proteksionisme tidak membawa keuntungan baik bagi Amerika Serikat maupun China," kata Kuroda saat tiba untuk menghadiri pertemuan dengan para pemimpin sektor keuangan negara-negara G20 di Washington.


Saksikan video pernyataan IMF mengenai proyeksi pertumbuhan ekonomi global berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading