Kredit Tumbuh 12,13%, OJK Pelototi Pendanaan Bank

Market - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
02 April 2019 17:03
Kredit Tumbuh 12,13%, OJK Pelototi Pendanaan Bank
Jakarta, CNBC Indonesia - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan perhatian pada penyaluran kredit industri perbankan. Pada Februari 2019, kredit perbankan sudah tumbuh 12,13% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sementara Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh 6,5%.

Salah satu yang diperhatikan OJK adalah pendanaan atau funding perbankan.

"Kita juga tetap mewaspadai fundingnya, harus bergerak dengan lebih baik. Pelonggaran likuiditas juga harus memadai untuk mendukung pertumbuhan kredit. Kita selalu berkordinasi dengan BI, Menkeu supaya target kredit kita sesuai dengan bisnis bank (RBB)," ujar Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Heru Kristiyana, di Jakarta, Selasa (2/4/2019).


Heru menambahkan, pertumbuhan kredit perbankan masih sesuai dengan target Bank Indonesia (BI) dan OJK. BI memprediksi kredit tumbuh 10-12%, sementara OJK memprediksikan kredit 11-13%.

"Kalau kita lihat rencana bisnis banyak cara dilakukan (untuk pendanaan) seperti menerbitkan obligasi dan lainnya. Coba kita lihat sesuai dengan RBB nggak karena dalam kuartal satu masih ada revisi RBB, kita lihat mereka akan capai atau tidak. Sekarang masih terlalu dini saya mengatakan akan capai atau tidak sekarang kan masih maret kita lihat Juni," jelasnya.

Simak proyeksi pertumbuhan kredit bank di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading