Hijrah ke Digital, Transaksi Nasabah di Cabang BCA Tinggal 2%

Market - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
27 March 2019 17:57
Hijrah ke Digital, Transaksi Nasabah di Cabang BCA Tinggal 2%
Jakarta, CNBC Indonesia - Sebesar 98% transaksi di PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) merupakan transaksi digital. Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan dari total transaksi 2018 senilai Rp 6.700 triliun, 98%-nya berasal dari transaksi digital.

"Setahun Rp 6.700 triliun. 98% digital dari Rp 6.700 triliun itu," ujar Jahja usai peluncuran Synergy di Jakarta, Rabu (27/3/2019).


Jahja melanjutkan, transaksi digital itu kebanyakan dicetak dari kanal perdagangan, termasuk e-commerce. Wakil Presiden Direktur Armand Wahyudi Hartono menjelaskan transaksi digital merupakan transaksi yang tidak dilakukan melalui teller atau customer service di kantor cabang.


Saat ini secara frekuensi, transaksi non-digital yang dilakukan melalui kantor cabang hanya 2%. Ia menambahkan, transaksi digital yang paling sering dilakukan misalnya transfer uang, setoran tunai melalui mesin ATM, termasuk transaksi melalui ecommerce. 

"Nilainya saya tidak ingat berapa cuma [transaksi digital] 98% dari total [transaksi]. Di cabang hanya 2% secara frekuensi," kata Armand di kesempatan yang sama. 

Baik Jahja atau Armand tidak menyebut berapa target nilai transaksi digital yang ingin dicapai di tahun ini. Jahja mengaku untuk triwulan I tahun ini saja belum diketahui berapa jumlah transaksi digital yang dicapai. Setelah 6 bulan berjalan baru pihaknya akan mengevaluasi.

"Yang penting kita siapkan mekanismenya. Kita punya BCA Keyboard yang tidak mengharuskan orang untuk ke cabang BCA bila ingin buka rekening." tandasnya.

BCA baru saja meresmikan produk widget keyboard yang bernama BCA Keyboard akhir Februari lalu. Sejak pertama kali kemunculannya, BCA sudah berhasil menjaring sebanyak 4.000 nasabah dengan total calon nasabah yang sudah apply sebanyak 12.000.

Simak buka-bukaan Bos BCA soal strategi capai target laba 2019 di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading