Soal Rencana Akuisisi, Bos BCA: Satu Sudah Siap Janurnya

Market - Roy Franedya, CNBC Indonesia
14 January 2019 15:18
Soal Rencana Akuisisi, Bos BCA: Satu Sudah Siap Janurnya Foto: Analyst Meeting BCA (CNBC Indonesia/Monica Wareza)
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Bank BCA Jahja Setiaadmaja mengklarifikasi soal pemberitaan tentang rencana bank swasta terbesar di Indonesia ini untuk mengakuisisi bank kecil.

Jahja Setiaadmaja membantah BBCA akan merampungkan akuisisi dua bank. Akuisisi yang sudah hampir rampung cuma satu bank.

"Saya tidak katakan dua bank, satu sudah siap janurnya. Saya bantah kalau katakan dua," terang Jahja Setiaadmaja kepada CNBC Indonesia, Senin (14/1/2019).


Sebelumnya, CNBC Indonesia memberitakan BCA akan segera merampung akuisisi terhadap dua bank kecil. Menurut Jahja, rampungnya akuisisi ini akan segera diumumkan dalam waktu dekat. Dia menyatakan penyelesaiannya harus dipercepat dan diselesaikan di tahun ini.

"Kalau sudah ada kepastian (akan dilakukan di RUPS tahunan)," kata dia

Rencana Diskresi Setelah Akuisisi

Beberapa waktu lalu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan sedang mengkaji rencana BCA yang ingin diskresi setelah akusisi dua bank kecil, dengan meninjau kembali aturan single presence policy atau aturan kepemilikan tunggal, agar bisa memberikan manfaat ekonomi dan sinergi bagi bank kecil.

Menurut Jahja, adanya diskresi untuk melakukan penggabungan dua bank yang dicaplok ini justru mempermudah konsolidasi perusahaan.

"Secara umum kan kalau mau mempermudah konsolidasi ya begitu," kata dia

OJK menilai diskresi ini merupakan Langkah yang bagus, sebab bank besar bisa melakukan kontrol dan menyuntikkan modal untuk bank-bank kecil.

"Kita harapkan nanti kita tinjau kembali aturannya. Artinya kalau itu dia bisa ambil bank bank kecil dan jadi bank satelitnya, bank digital khusus UMKM kan bagus tuh dan dalam lingkup konsolidasinya dia ya," kata Heru Kristiyana, Kepala Eksekutif Pengawasan Perbankan OJK.



(roy/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading