Rombak Habis! Ini Jajaran Direksi & Komisaris LPKR yang Baru

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
12 March 2019 11:41
Rombak Habis! Ini Jajaran Direksi & Komisaris LPKR yang Baru
Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten properti Grup Lippo, PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) melakukan transformasi strategis menyeluruh untuk merekapitalisasi perseroan.

Selain akan menerbitkan saham baru atau rights issue dengan nilai jumbo US$ 730 juta atau Rp 10,58 triliun, manajemen juga akan dirombak jajaran direksi dan komisaris, total.

Tak tanggung-tanggung, nama-nama besar yang selama ini menjadi komisaris dan mengawasi jalannya perusahaan pun digeser. Dalam keterangan resmi di Bursa Efek Indonesia pada Selasa ini, (12/3/2019), nama-nama baru manajemen akan diminta persetujuan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada 18 April 2019.

Beberapa nama yang digeser di jajaran komisaris yakni mantan Menteri Perumahan Rakyat dan Pemukiman (kini Kementerian PUPR) 
Theo L Sambuaga (Komut), mantan Menteri Perhubungan Agum Gumelar, ekonom Farid Harianto, dan mantan Gubernur DKI Sutiyoso.


Adapun direksi lama yakni Ketut Budi Wijaya (Dirut), Hendra Sidin (Wadirut), Tjokro Libianto, Richard Setiadi, Wijaya Subekti, Marshal Martinus, Tissadharma, Alwi Rubidium Sjaaf. Dari nama direksi ini yang dipertahankan ialah Marshal Martinus.

"Tim manajemen baru, dipimpin oleh John Riady, untuk menjalankan strategi bisnis baru dan pengalokasian modal yang disiplin untuk mendorong profitabilitas, pertumbuhan berkelanjutan, dan nilai pemegang saham," tulis manajemen Lippo dalam keterangan resminya.

Surat pengunduran para komisaris itu sudah disampaikan Lippo kepada BEI pada 12 Maret 2019, hari ini.

Adapun untuk jajaran komisaris dan direksi yang baru dan akan diminta persetujuan pemegang saham ialah:

Komisaris Utama
John Prasetio, Presiden Komisaris Bursa Efek Indonesia sejak 2017, berpengalaman lebih dari 45 tahun di bidang keuangan dan akuntansi. Dia akan menjabat sebagai Presiden Komisaris Independen dan Ketua Komite Audit.

Komisaris
Stephen Riady, Direktur Eksekutif dan Chairman Lippo Limited sejak 1991, serta Direktur Eksekutif dan Chairman Hongkong Chinese Limit ed sejak 1992, dengan pengalaman lebih dari 30 tahun di sektor real estat. Dia akan menjabat sebagai Komisaris.

Komisaris
George Raymond Zage III, pendiri dan CEO Tiga Investments, memiliki lebih dari 25 tahun pengalaman dalam bidang investasi di Asia.

Komisaris
Kin Chan, CEO Argyle Street Management sejak 2002 dan Direktur Non-Eksekutif CITIC Resources Holdings yang tercatat di bursa efek Hong Kong. Dengan pengalaman dalam bidang investasi lebih dari 30 tahun di berbagai sektor, dia  akan menjabat sebagai Komisaris

Komisaris
Anangga W. Roosdiono, pendiri dan mitra senior Roosdiono & Partners dengan pengalaman lebih dari 50 tahun di bidang hukum, risiko dan kepatuhan di Indonesia. Dia akan menjabat sebagai Komisaris Independen dan Ketua Komite Nominasi.

"
Jajaran Dewan Komisaris yang seluruhnya baru, terdiri dari individu-individu terkemuka dengan pengalaman yang telah terbukti di sektor real estat dan investasi, untuk menjaga visi, tata kelola, dan transparansi Perseroan," tulis manajemen Lippo Karawaci.


Berikut nama-nama direksi Lippo Karawaci yang baru:

Chief Executive Officer/Direktur Utama

John Riady, ditunjuk sebagai Chief Executive Officer LPKR yang segera berlaku efektif. Saat ini John Riady juga adalah Komisaris Utama Siloam Internasional Hospital. John Riady akan memimpin portofolio bisnis real estat perseroan yang ada saat ini.

Chief Financial Officer/Direktur Keuangan
Surya Tatang ditunjuk s ebagai Chief Financial Officer LPKR efektif berlaku segera setelah RUPST. Surya Tatang memiliki 25 tahun pengalaman dalam industri keuangan dan dia akan bertanggung jawab atas keuangan dan akuntansi manajemen perseroan, treasuri, perpajakan, manajemen risiko dan hal-hal lain terkait kepatuhan perusahaan dan peraturan lainnya.

Direktur Proyek
Peter Yu ditunjuk sebagai Director of Projects LPKR dan akan bergabung dengan perseroan pada 18 Maret 2019. Peter Yu memiliki pengalaman lebih dari 35 tahun dalam investasi real estat, pengembangan properti, dan manajemen proyek.

Direktur Operasional
Marshall Martinus akan melanjutkan perannya sebagai Chief Operating Officer LPKR. Martinus memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman dalam industri real estat, dan akan bertanggung jawab untuk memimpin unit manajemen properti dan operasi bisnis Perseroan.

Head of Investor Relations
Bret Matthew Ginesky telah ditunjuk sebagai Head of Investor Relations LPKR dan akan bergabung dengan perseroan pada 25 Maret 2019. Ginesky memiliki lebih dari 15 tahun pengalaman bekerja dalam bidang pasar modal sebagai analis ekuitas dan manajer hubungan investor.

(tas/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading