Keputusan The Fed Bawa Bursa Eropa Menghijau

Market - Wangi Sinintya, CNBC Indonesia
31 January 2019 16:36
Pasar saham Eropa naik pada awal perdagangan hari ini.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pasar saham Eropa naik pada awal perdagangan hari ini, Kamis (31/01/2019) mengekor kenaikan kuat di bursa saham Tokyo, Jepang, dan bursa di Wall Street, Amerika Serikat (AS).

Secara keseluruhan, investor masih mencerna komentar dari bank sentral AS, Federal Reserve (the Fed). Bank sentral AS itu memutuskan menahan suku bunga acuan, Federal Funds Rate (FFR), di kisaran 2,25%-2,5% sebagaimana perkiraan pasar, Rabu (30/1/2019).

Selain itu, Gubernur The Fed Jerome Powell juga mengisyaratkan bank sentral akan mengambil langkah yang selama ini dinantikan oleh pasar keuangan seluruh dunia yakni laju kenaikan bunga acuan yang lebih lambat alias bersikap dovish.

Pasar modal di Eropa pun merespons ini kendati ada tren siklus naik yang melambat. Indeks acuan di bursa London, FTSE 100 naik 0,4% menjadi 6.967,01 poin. Di zona euro, indeks DAX 30 Frankfurt naik 0,7% menjadi 11.257,92 poin dan Paris CAC 40 naik 0,4% menjadi 4.993,09.

Selain katalis positif the Fed, isu Brexit juga terus menjadi pusat perhatian, seperti diungkapkan CNBC International. Para pejabat Uni Eropa telah mengatakan kepada pemerintah Inggris bahwa Rancangan Perjanjian Penarikan Diri atau Withdrawal Agreement saat ini tidak akan dibuka kembali, seperti yang diminta oleh beberapa anggota parlemen Inggris.

Rancangan ini merupakan satu-satunya kesepakatan yang disetujui dengan Uni Eropa mengenai bagaimana Inggris akan keluar dari blok itu akhir Maret nanti.

Oleh sebab itu, saat ini tinggal keputusan Perdana Menteri Inggris Theresa May sendiri dalam menguraikan apa yang sebenarnya dia inginkan dari UE untuk mengatasi kebuntuan saat ini.



(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading