BI: Perbankan Siapkan Rekening Tampung Devisa Hasil Ekspor

Market - Iswari Anggit, CNBC Indonesia
25 January 2019 15:59
BI: Perbankan Siapkan Rekening Tampung Devisa Hasil Ekspor
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah terus fokus mendukung Daftar Hasil Ekspor (DHE) Indonesia. Pemerintah terus menjaga sinergi antar kementerian-lembaga agar kebijakan-kebijakan yang terbentuk dapat mendorong pertumbuhan ekspor.

Bank Indonesia, memiliki Peraturan Bank Indonesia (PBI) yang mengatur rekening simpanan khusus, untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait insentif pajak DHE.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Jumat (25/1/2019), menjelaskan kalau pihaknya telah berkoordinasi dengan perbankan terkait hal tersebut.

"Kami ada PBI tentang rekening simpanan khusus, sehingga kebijakan-kebijakan yang ditentukan pemerintah, khususnya untuk insentif pajak DHE, akan lebih mudah, cepat, dan jelas. Perbankan siap mendukung untuk mengoptimalkan devisa hasil eskpor dan nilai tukar Rupiah."


Kesiapan terkait Peraturan Bank Indonesia tentang rekening simpanan khusus diakui Perry sudah selesai, pelaksanaannya hanya tinggal menunggu PMK-nya (Peraturan Menteri Keuangan).

"Ya dalam waktu dekat ini, kami sudah bicara dengan dunia perbankan dan mereka siap mendukung bagaimana mengoptimalkan DHE," tandasnya. (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading