Tanggapi Laporan IMF, Sri Mulyani: Guncangan Mungkin Terjadi

Market - Iswari Anggit, CNBC Indonesia
22 January 2019 16:35
Tanggapi Laporan IMF, Sri Mulyani: Guncangan Mungkin Terjadi
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati buka suara menanggapi laporan Dana Moneter Internasional (IMF) yang memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global di 2019 dan 2020.

Dalam laporan World Economic Outlook Update yang dirilis Senin (21/1/2019), IMF menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global menjadi 3,5% di 2019 dan 3,6% di 2020, turun sebanyak masing-masing 0,2 dan 0,1 poin persentase dari perkiraan yang disampaikan di Oktober lalu.


"Saya rasa untuk kita ini tantangan, dari sisi global growth momentumnya tidak lagi meningkat secara cepat. Tadinya kita bayangkan 3,7% dari 3,9%. Sekarang ke 3,7% bahkan 3,5%," kata Sri Mulyani di sela-sela acara forum diskusi A1, Selasa (22/1/2019).


"Ini tantangan dari sisi bahwa momentum yang berasal dari eksternal akan melemah dan guncangan mungkin masih akan terjadi meskipun tidak seperti tahun 2018," tambahnya.

IMF Ramal Ekonomi Global Melambat, Sri Mulyani: Ini TantanganFoto: Menteri Keuangan Sri Mulyani (CNBC Indonesia/Iswari Anggit)

Ia berpandangan bahwa momentum pertumbuhan global terus mendapatkan tekanan dari berbagai sisi, seperti ketidakpastian perdagangan, penutupan pemerintahan atau government shutdown di Amerika Serikat (AS), dan risiko perlambatan yang dialami China dan beberapa negara maju.

Lantas, langkah apa yang akan diambil pemerintah untuk menghadapi tantangan tersebut?



"Buat kita, tetap fokus bagaimana menjaga faktor-faktor pertumbuhan ekonomi dan stabilitas di dalam ekonomi kita, di dalam lingkungan yang berubah secara cepat," tegas Sri Mulyani.


(prm/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading