Bursa Eropa Dibayangi PHK Emiten Otomotif

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
11 January 2019 06:49
Indeks Eropa Stoxx 600 ditutup sedikit menguat 0,3% dengan berbagai sektor mengakhiri perdagangan di zona bervariasi.
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa-bursa utama Eropa ditutup variatif, Kamis (10/1/2019), di saat para investor mencermati perkembangan perundingan dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China serta kabar pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh beberapa pabrikan mobil.

Indeks FTSE 100 di London naik 0,52%, indeks DAX di Frankfurt menguat 0,26%, namun indeks CAC 40 di Paris terkoreksi 0,17%.


Indeks Eropa Stoxx 600 ditutup sedikit menguat 0,3% dengan berbagai sektor mengakhiri perdagangan di zona bervariasi.


Otomotif menjadi sektor dengan kinerja terburuk setelah Jaguar Land Rover mengatakan akan memangkas 10% dari jumlah pekerjanya. Sebagian besar pekerja yang terdampak adalah yang berasal dari pasar dalam negerinya di Inggris, dilansir dari CNBC International.

Ford juga mengatakan akan memangkas ribuan pekerja sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk mencapai target margin usaha sebesar 6% di Eropa.


Selain itu, British Retail Consortium pada hari Kamis melaporkan penjualan selama libur Natal terburuk di Inggris sejak krisis keuangan 2008. Kabar itu membuat saham-saham ritel turun 0,5%.

Peritel Marks & Spencer mengatakan penjualannya selama Natal 2018 turun 2,2% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Sahamnya kemudian anjlok 1% lebih.

Investor juga mencermati hasilĀ perundingan dagang AS-China yang berlangsung Senin hingga Rabu lalu. Kedua negara sama-sama memberi sinyal positif bahwa pembicaraan berlangsung baik dan meningkatkan harapan pelaku pasar kedua raksasa ekonomi dunia itu akan mencapai kesepakatan demi mengakhiri perang dagang.
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading