Rupiah Masih Terbaik di Asia, Tapi Awas Terpeleset!

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
07 January 2019 17:03
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat tajam di perdagangan pasar spot awal pekan ini. Dolar AS nyaris bisa didorong ke bawah Rp 14.000. 

Pada Senin (7/1/2019), US$ 1 dihargai Rp 14.085 kala penutupan pasar spot. Rupiah menguat 1,26% dibandingkan posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu. 

Apresiasi rupiah hari ini menjadi yang terbaik sejak 7 November 2018. Rupiah pun menyentuh titik terkuat sejak 20 Juni tahun lalu. 


 

Mengawali hari, rupiah sudah menguat 0,56% ke Rp 14.185. Seiring perjalanan pasar, rupiah terus menguat dan apresiasinya menembus level 1%. 

Berikut pergerakan kurs dolar AS terhadap rupiah sepanjang hari ini: 

 

Sejak pembukaan pasar, rupiah sudah menyandang gelar sebagai mata uang terbaik Asia. Predikat tersebut tidak pernah lepas sepanjang hari ini, bahkan yang ada penguatan rupiah semakin tajam dan tidak terkejar oleh mata uang Benua Kuning lainnya. 


Akhir pekan lalu, rupiah juga menguat cukup tajam terhadap dolar AS dan menjadi mata uang dengan apresiasi terbaik di Asia. Prestasi itu berlanjut hari ini, bahkan dengan penguatan yang lebih meyakinkan. 


Berikut perkembangan nilai tukar dolar AS terhadap sejumlah mata uang utama Asia pada pukul 16:21 WIB: 

 


(BERLANJUT KE HALAMAN 2)


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading