Kecemasan Perlambatan Ekonomi Jadi Mendung di Bursa Eropa

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
03 January 2019 06:45
Kecemasan Perlambatan Ekonomi Jadi Mendung di Bursa Eropa
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa-bursa utama Eropa bergerak lesu, Rabu (2/1/2019), setelah data manufaktur yang lemah dari seluruh dunia meningkatkan kecemasan investor akan melambatnya ekonomi global.

Indeks FTSE 100 di London ditutup relatif stagnan dengan kenaikan 0,09%, indeks DAX di Frankfurt bertambah 0,2% sementara indeks CAC 40 di Paris turun 0,87%.


Indeks Eropa Stoxx 600 melemah 0,13% di akhir perdagangan pertama tahun ini. Sebagian besar sektor ditutup di zona negatif dengan sektor sumber daya alam yang harus kehilangan 1,8%, CNBC International melaporkan.


Berbagai perusahaan pertambangan mencatatkan kinerja buruk hari Rabu akibat turunnya harga tembaga dan kekhawatiran melambatnya perekonomian negara konsumen logam terbesar dunia, China. Raksasa pertambangan Antofagasta anjlok 1,6% sementara BHP Group turun 1,2%.

Puchasing Managers' Index (PMI) Manufaktur China di Desember turun ke 49,7 dari 50,2 di November. Ini adalah kontraksi pertama yang dialami Negeri Tirai Bambu dalam 19 bulan terakhir.



PMI manufaktur Uni Eropa juga tetap berada di level terendahnya sejak Februari 2016 sementara PMI manufaktur di Amerika Serikat (AS) turun ke posisi terendah dalam 15 bulan. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading