Happy Weekend! Rupiah Kembali Jadi Juara di Asia

Market - Raditya Hanung, CNBC Indonesia
07 December 2018 17:39
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup menguat di perdagangan pasat spot hari ini. Meski sempat melemah tipis di awal perdagangan, tetapi rupiah mampu membalikkan keadaan hingga menjadi yang terkuat di Asia.

Pada Jumat (7/11/2018), US$ 1 ditutup Rp 14.465 di perdagangan pasar spot. Rupiah menguat 0,34% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya.

Sempat bergerak ke zona merah pada awal perdagangan, mata uang tanah air berbalik menguat hingga menyentuh level Rp 14.450/US$ (menguat 0,45%) di pertengahan hari. Penguatannya kemudian agak mengendur, hingga rupiah akhirnya finish di level Rp 14.465/US$ (menguat 0,34%).


Happy Weekend! Rupiah Kembali Jadi Juara di AsiaFoto: Ilustrasi Money Changer (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Berikut pergerakan kurs dolar AS terhadap rupiah sepanjang hari ini:



Meski penguatannya mengendur jelang akhir perdagangan, rupiah mampu menjadi salah satu dari 3 mata uang Asia yang mampu mencatatkan penguatan pada hari ini. Sisanya, harus menelan pil pahit melemah di hadapan dolar AS.

Mata uang yang bernasib baik sama seperti rupiah adalah rupee India dan baht Thailand. Akan tetapi, di antara 3 besar mata uang terbaik hari ini, penguatan rupiah menjadi yang paling besar. Alhasil, rupiah pun dinobatkan menjadi juara di Asia pada perdagangan hari ini.

Dengan begitu, rupiah memutus status mata uang paling lemah di Asia selama 3 hari beruntun sebelumnya.

Berikut perkembangan kurs dolar AS terhadap sejumlah mata uang utama Benua Kuning pada pukul 16.14 WIB:



(BERLANJUT KE HALAMAN 2)


(RHG/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading