Menteri Brexit Inggris Mundur, Bursa Eropa Balik Arah

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
15 November 2018 17:22
Menteri Brexit Inggris Mundur, Bursa Eropa Balik Arah
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Eropa berbalik arah ke area negatif menyusul kabar mundurnya Menteri Brexit Inggris Dominic Raab, Kamis (15/11/2018) dan memberi tekanan tambahan bagi Perdana Menteri Inggris Theresa May.

Indeks Eropa Stoxx 600 turun 0,6% dengan sebagian besar indeks berada di zona merah, kecuali FTSE 100 di London yang masih mampu menguat 0,34%.



Indeks DAX di Frankfurt melemah 0,02% dan indeks CAC 40 di Paris turun 0,33% hingga pukul 5.15 WIB, menurut data CNBC International.


Sebelumnya, bursa Eropa dibuka menguat setelah rencana kesepakatan Brexit yang diajukan May dikabarkan mendapat persetujuan dari kabinetnya.

Menteri Brexit Inggris Mundur, Bursa Eropa Balik ArahFoto: Menteri Brexit Inggris Dominic Raab (Reuters/Henry Nicholls)
FTSE 100 dibuka naik 0,4% sementara DAX dan CAC 40 masing-masing menanjak 0,3% dan 0,6%, AFP melaporkan.

Raab dalam suratnya kepada pemimpin Inggris mengatakan ia tidak dapat menerima isi kesepakatan Brexit yang disampaikan May setelah janji-janji yang dikemukakan Partai Konservatif dalam manifesto pemilu tahun lalu.



Poundsterling anjlok 1% menjadi US$1,2856 menyusul beredarnya kabar pengunduran diri Raab. Mata uang ini telah mengalami perdagangan yang bergejolak malam sebelumnya akibat ketidakpastian mengenai nasib rancangan kesepakatan Brexit antara Inggris dan Uni Eropa (UE) yang akan diajukan May ke parlemen.

Saham-sahamĀ sektor keuangan Inggris terperosok. Capita anjlok 8%, RBS turun 7%, dan Barclays tenggelam lebih dari 6%. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading