AS-China Beri Harapan, Bursa Eropa Kompak Menghijau

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
14 November 2018 06:42
AS-China Beri Harapan, Bursa Eropa Kompak Menghijau
Jakarta, CNBC Indonesia - Mayoritas bursa-bursa utama Eropa ditutup lebih tinggi pada perdagangan hari Selasa (13/11/2018) sembari para investor mencermati perkembangan perseteruan dagang Amerika Serikat (AS)-China dan penurunan harga minyak.

Indeks FTSE 100 di London naik tipis 0,01% ke 7.053,76, indeks DAX di Frankfurt melesat 1,3% ke posisi 11.472,22, dan indeks CAC 40 melompat 0,85% menjadi 5.101,85.



Indeks Eropa Stoxx 600 ditutup menguat 0,67% menjadi 364,44 dengan mayoritas bursa dan sektor berada di zona positif. Sektor telekomunikasi menjadi kelompok dengan kinerja terbaik hari Selasa, CNBC International melaporkan.


Wall Street Journal melaporkan bahwa Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan Wakil Perdana Menteri China Liu He telah memulai kembali pembicaraan perdagangan. Kabar ini muncul jelang petemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping di sela-sela perhelatan G20 di Argentina akhir bulan ini.

Investor juga mencermati pergerakan harga minyak setelah Trump mengeluarkan komentar terbarunya. Ia mengatakan Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) seharusnya tidak memotong pasokan demi mendorong kenaikan harga. Harga minyak anjlok 1% hari Selasa.

Di Eropa, isu Brexit dan Italia masih membayangi sentimen investor.



Perdana Menteri Inggris Theresa May pada hari Senin mengatakan negosiasi Brexit telah mencapai akhir namun ada beberapa perbedaan yang mesti diselesaikan.

Di saat yang sama, Italia masih punya waktu hingga Selasa untuk mengajukan rancangan anggaran 2019 baru kepada Uni Eropa. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading