Newsletter

Trump Makin Beringas, China Tambah Panas

Market - Anthony Kevin & Raditya Hanung & Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
18 September 2018 04:57
Cermati Sentimen Penggerak Pasar Hari Ini (1)

Cermati Sentimen Penggerak Pasar Hari Ini (1)

Untuk perdagangan hari ini, investor patut memonitor sejumlah sentimen. Pertama tentunya kinerja Wall Street yang kurang oke. Dikhawatirkan bursa saham Asia mengekor performa Wall Street, termasuk IHSG. 

Kedua adalah kelanjutan perang dagang AS-China. Trump mengatakan akan mengumumkan sesuatu yang besar setelah pasar keuangan AS tutup. Hingga laporan ini ditulis, belum ada pernyataan dari eks raja properti tersebut. 

"Anda akan melihat apa yang kami lakukan setelah bisnis hari ini selesai, setelah pasar tutup," ujarnya, dikutip dari Reuters. 


Pelaku pasar perlu mencermati pengumuman yang (katanya) bakal keluar dari mulut Trump. Pernyataan soal bea masuk bisa keluar kapan saja, sehingga investor perlu memasang mata dan telinga baik-baik. 

Jika sampai ada pengumuman bea masuk bagi produk-produk China, maka bisa dipastikan suasana perdagangan hari ini akan membara. Saat Trump makin beringas, China pun kian panas.

China tentu tidak akan tinggal diam, pasti akan ada tindakan balasan. Perang dagang babak baru pun dimulai, yang berpotensi mengancam arus perdagangan dan pertumbuhan ekonomi dunia. 

Dalam situasi seperti ini, risiko bukanlah sahabat buat investor. Hal yang terpenting adalah menyelamatkan diri masing-masing dengan berlindung ke aset-aset aman, dan negara berkembang seperti Indonesia bukan tujuannya. Tentu bukan kabar baik bagi IHSG dan rupiah. 


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading