Pengusaha: Harga BBM Memang Harus Naik

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia 14 September 2018 20:54
Pengusaha: Harga BBM Memang Harus Naik Foto: Edward Ricardo
Jakarta, CNBC IndonesiaKamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memandang, pemerintah memang perlu untuk menyesuaikan harga bahan bakar minyak untuk mengendalikan defisit transaksi berjalan.

Hal ini dikemukakan Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani, Jumat (14/9/2018). Rosan menilai, pemerintah memang sudah sepatutnya melepas harga bensin sesuai mekanisme pasar.

"Menurut kami, ujungnya harus dilepas karena itu salah satu yang berkontribusi besar," kata Rosan.


Rosan memahami, kebijakan tersebut akan memberikan pengaruh terhadap keberlangsungan dunia usaha. Kenaikan harga bensin, tentu bisa mengerek inflasi dan ujung-ujungnya berpengaruh pada daya beli masyarakat.

"Kalau dilepas, pasti inflasi nanti akan naik, ini yang harus disikapinya seperti apa, karena akan pengaruhi daya beli, tapi menurut saya tetap harus dilepas," katanya.

Meski demikian, pemerintah tidak akan mengerek harga bensin pada tahun ini. Rosan memperkirakan, kenaikan harga BBM baru akan dilakukan pasca tahun politik, atau sekitar semester II-2018.

"Sekarang begini, ini kalau sakit, dampaknya jadi kita semua yang sakit, bukan hanya pemerintah saja atau sebaliknya. Kalau pun ini kebijakan yang kurang populer, tapi untuk kebaikan kita semua, kebijakan itu harus diambil, meski akan berdampak ke pengusaha juga," tegasnya.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading