Demi Rupiah, RI Naikkan Kuota Produksi Batu Bara 25 Juta Ton

Market - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
14 August 2018 18:41
Demi Rupiah, RI Naikkan Kuota Produksi Batu Bara  25 Juta Ton
Jakarta, CNBC Indonesia- Pemerintah telah menyetujui penambahan kuota produksi batubara, dan sudah ada beberapa perusahaan batubara telah mengajukan untuk menambah produksi mereka sebanyak 25 juta ton.

Hal ini ditujukan untuk meningkatkan ekspor dan memperkuat rupiah. "Rencana kerja dan anggaran biaya (RKAB) sudah ditandatangani oleh Pak Menteri (RKAB). Dari 485 juta ton (RKAB 2018) yang sekarang tambah 25 juta ton. Diharapkan akan ada tambahan devisa US$ 1,5 miliar, dan uangnya tidak diam di luar negeri," ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi kepada media saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (14/8/2018).




Sebelumnya, masih terkait peningkatan devisa, Presiden Joko Widodo juga telah memberi arahan kepada PT Pertamina (Persero) untuk membeli seluruh lifting minyak dari Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di Indonesia sehingga liftingnya tidak untuk diekspor.

Adapun, Kementerian ESDM akan memfasilitasi regulasi terkait arahan Presiden Joko Widodo tersebut dan dalam waktu dekat akan diselesaikan peraturannya.

"Bagian KKKS harus dibeli oleh Pertamina, tapi ini menunggu aturan. Kami fasilitasi regulasinya, dari SKK Migas juga, dan dalam waktu dekat akan diselesaikan dan berlaku secepatnya," ujar Agung.

Lebih lanjut, Agung mengatakan, bentuk regulasinya memang belum jelas apakah berbentuk Peraturan Menteri atau yang lain. Sehingga, untuk lebih detilnya akan segera disusun.

"Yang pasti nantinya, aturan ini bisa berguna untuk menekan impor, sehingga dapat memperkuat rupiah dan menambah devisa negara," pungkas Agung.
(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading