Fox Sepakat Jual Aset Film & Televisi ke Disney

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
30 July 2018 14:36
Fox dan Walt Disney mengatakan para pemegang saham  menyetujui pembelian aset film dan televisi milik Fox senilai US$71 miliar (Rp 1.023 triliun) oleh Disney.
New York, CNBC Indonesia - Twenty-First Century Fox Inc dan Walt Disney Co pada hari Jumat (27/7/2018) mengatakan para pemegang saham mereka menyetujui pembelian aset film dan televisi milik Fox senilai US$71 miliar (Rp 1.023 triliun) oleh Disney.

Hasilnya diumumkan pada rapat pemegang saham kedua perusahaan yang diadakan di New York.

Saham Fox turun 0,3% menjadi US$45,25 dalam perdagangan sore, sementara saham Disney turun 0,7% menjadi US$112,70.


Disney terpaksa mempermanis tawarannya bulan lalu setelah Comcast Corp, perusahaan televisi kabel terbesar di Amerika Serikat, membuat tawaran US$66 miliar untuk acara TV dan franchise film Fox yang terkenal, termasuk 'X-Men' dan 'The Simpsons'.

Penawaran antara Comcast dan Disney adalah bagian dari pertempuran yang lebih besar dalam industri hiburan karena perusahaan media menghabiskan puluhan miliar dolar pada berbagai kesepakatan untuk bersaing dengan Netflix Inc dan Amazon.com Inc.

Pekan lalu, Comcast menyerah untuk mengakuisisi film dan studio televisi, jaringan kabel, dan bisnis TV internasional Fox.


Penawaran tunai dan saham Disney telah menerima persetujuan dari regulator AS.

Dalam perjanjian dengan Departemen Kehakiman AS, Disney, yang memiliki jaringan olahraga ESPN, mengatakan akan melepas 22 jaringan olahraga regional Fox, dilansir dari Reuters.

Disney masih membutuhkan persetujuan kesepakatan dari lebih dari selusin negara, termasuk China, Rusia, dan regulator dari Uni Eropa.

Rupert Murdoch, yang memiliki 17% saham voting Fox bersama keluarganya, dapat dikenai tagihan pajak capital gain besar jika menerima penawaran yang semuanya dibayarkan dengan uang tunai dari Comcast.

Fox akan memisahkan jaringan dan stasiun Fox Broadcasting, Fox News Channel, Fox Business Network dan saluran olahraganya FS1, FS2, dan Big Ten Network menjadi perusahaan yang baru terdaftar yang akan dialihkan ke para pemegang sahamnya .
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading