Internasional

Ingin Fokus Rebut Sky, Comcast Serahkan Aset Fox untuk Disney

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
19 July 2018 21:18
Comcast bersaing dengan Disney untuk mengambil alih studio film dan aset televisi Fox.
Jakarta, CNBC Indonesia - Comcast pada hari Kamis (19/7/2018) menyatakan tidak melanjutkan penawarannya untuk mengakuisisi aset Twenty-First Century Fox. Raksasa media asal Amerika Serikat (AS) ini memilih untuk memusatkan perhatiannya merebut stasiun televisi Inggris, Sky.

Saham Comcast melompat 2,9% di perdagangan premarket sementara saham Fox terkoreks 1,2%.

Pengumuman itu mengakhiri salah satu pertarungan terbesar di industri media tahun ini. Comcast bersaing dengan Disney untuk mengambil alih studio film dan aset televisi Fox. Disney baru-baru ini mengajukan penawaran senilai US$71 miliar (Rp 1.032 triliun) dalam bentuk uang tunai dan saham, lebih tinggi daripada penawaran Comcast senilai US$65 miliar tunai.

CEO Comcast Brian Roberts mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Saya ingin mengucapkan selamat kepada Bob Iger dan tim di Disney dan menyatakan hormat kepada keluarga Murdoch dan Fox karena telah membangun perusahaan yang sangat dihormati dan diinginkan," dilansir dari CNBC International.


Penawaran Comcast untuk membeli Sky, yang 39% sahamnya dimiliki Fox, memperumit persoalan ini. Dua perusahaan itu juga terlibat dalam perang penawaran di sini dengan dua tawaran baru disampaikan keduanya pekan lalu. Fox menghargai Sky US$32,5 miliar sementara Comcast menaikkan tawarannya menjadi US$34 miliar.

Pemilik Fox, Rupert Murdoch, juga terlihat lebih memilih tawaran Disney, menurut laporan CNBC sebelumnya yang mengutip sumber-sumber yang mengetahui hal tersebut.

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading