Jumlah Pelanggan Baru Meleset, Saham Netflix Anjlok

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
17 July 2018 15:28
Jumlah Pelanggan Baru Meleset, Saham Netflix Anjlok
Jakarta, CNBC Indonesia - Netflix gagal memenuhi proyeksi kenaikan jumlah pelanggan untuk pertama kalinya dalam lima kuartal. Hal ini membuat sahamnya anjlok lebih dari 14%.

Perusahaan melaporkan laba kuartal kedua setelah pasar ditutup pada hari Senin (16/7/2018). Selain pendapatanya sedikit di bawah proyeksi, Netflix juga mencatatkan angka jumlah pelanggan barunya yang meleset cukup jauh dari proyeksi analis.

Netflix hanya memperoleh 5,15 juta pelanggan baru, lebih rendah hampir satu juta pelanggan dari yang diproyeksikan. Pelanggan domestik baru hanya sedikit lebih dari setengah dari proyeksi, sementara perusahaan hanya menambah 4,5 juta pelanggan internasional, CNBC International melaporkan.


Netflix melaporkan:
• Pendapatan: US$3,91 miliar vs US$3,94 miliar yang diperkirakan, menurut perkiraan konsensus Thomson Reuters.
• Tambahan pelanggan domestik: 674.000 vs 1,23 juta pelanggan diperkirakan, per FactSet dan Street Account.
• Penambahan pelanggan internasional: 4,47 juta pelanggan vs 5,11 juta pelanggan yang diperkirakan, per FactSet, dan Street Account.
• Laba per saham (Earnings Per Share / EPS): 85 sen (termasuk US$85 juta dalam laba non-tunai yang belum direalisasikan). Belum diketahui apakah laporan EPS Netflix sebanding dengan konsensus perkiraan Thomson Reuters sebesar 79 sen.


Beberapa analis khawatir perusahaan tidak dapat mempertahankan pertumbuhan harga sahamnya, yang lebih dari 100% sepanjang tahun ini saja. Mereka juga mengemukakan kekhawatiran ketika pesaing seperti Amazon meningkatkan layanan streaming mereka, sementara pesaing yang lain seperti Disney dan AT&T siap untuk berinvestasi lebih banyak dalam konten digital.

Netflix diperkirakan menghabiskan hingga US$8 miliar tahun ini untuk 700 seri original.

Netflix juga mengeluarkan proyeksi yang lebih lemah untuk kuartal ketiga dari yang diperkirakan.

Perusahaan mengatakan pihaknya memperkirakan akan menambah 5 juta pelanggan total dibandingkan dengan perkiraan analis yang lebih dari 6 juta. Netflix memproyeksikan 650.000 pelanggan baru di AS dan 4,35 juta pelanggan internasional di tiga bulan ketiga tahun ini. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading