Internasional

Kembangkan Konten, Netflix Terbitkan Obligasi Rp 30 T

Market - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
23 October 2018 15:43
Kembangkan Konten, Netflix Terbitkan Obligasi Rp 30 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Netflix pada Senin (22/10/2018) mengumumkan akan masuk ke pasar utang untuk kali kedua tahun ini. Perusahaan pelopor video streaming ini berencana meraup US$2 miliar (Rp 30 triliun) dana tambahan menyusul investasi besar-besarannya dalam produksi konten asli dan akuisisi konten demi menghadapi persaingan yang semakin ketat.

Langkah tersebut bertujuan untuk mendanai beberapa aktivitas operasional, termasuk membayar konten baru. Namun, aksi ini menyebabkan penurunan harga obligasi dan sahamnya karena para investor khawatir akan tumbuhnya biaya dari rencana investasi besar-besaran di masa depan.



CEO Netflix Reed Hastings telah menyatakan secara eksplisit rencana perusahaan yang berbasis di Los Gatos, California, Amerika Serikat (AS) untuk mendanai akuisisi konten dengan mencari utangan.


"Kami akan terus membiayai kebutuhan modal kami di pasar imbal hasil tinggi," kata Hastings dalam surat kepada pemegang saham di kuartal kedua lalu, tulis Reuters.

Netflix mengatakan tahun ini pihaknya berencana untuk menghabiskan US$8 miliar untuk konten.

Perusahaan telah menghabiskan US$6,9 miliar untuk acara TV dan film pada akhir kuartal ketiga. Jika ini terus berlanjut, maka pengeluaran Netflix di 2018 kemungkinan akan mendekati US$9 miliar.

Pada April, Netflix menjual surat utang senilai US$1,6 miliar, setelah memperoleh US$1,9 miliar pada November 2017. Sehingga total utang mereka menjadi US$8,4 miliar, yang sebagian besar telah dikumpulkan dalam tiga tahun terakhir.

Utang jangka panjangnya sebagai persentase dari total modal telah meningkat dua kali lipat menjadi 65% sejak akhir 2014.



Harga surat utang Netflix turun di seluruh perdagangan hari Senin, dengan penurunan obligasi terbesar yang akan jatuh tempo pada 2026 sekitar 3 sen menjadi 91,5 sen dolar AS.

Surat utang berdenominasi euro milik perusahaan yang jatuh tempo pada 2028 juga turun hampir 3 sen menjadi 91,95 sen dolar AS. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading