Internasional

CEO Walt Disney Mundur, Sahamnya Langsung Ambles

Market - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
26 February 2020 09:33
Robert Allen Iger atau Bob Iger mengumumkan bahwa ia mengundurkan diri sebagai CEO Walt Disney Co.

Jakarta, CNBC Indonesia - Robert Allen Iger atau Bob Iger mengumumkan bahwa ia mengundurkan diri sebagai CEO Walt Disney Co, pada Selasa kemarin (25/2). Dia akan memberikan tongkat estafet kepemimpinan perusahaan yang tercatat di bursa saham New York Stock Exchange (NYSE) ini kepada Bob Chapek.

Meski begitu, Iger akan tetap di Disney sebagai Chairman Eksekutif hingga 2021. Sontak kabar ini membuat saham Disney berkode perdagangan DIS ini di bursa Wall Street ambles hingga 3,62% di level US$ 128,19 per saham saat ditutup Rabu pagi waktu Indonesia.

Iger mengatakan kepada CNBC pada Selasa bahwa rencana suksesi ini bertujuan untuk memastikan transisi kepemimpinan yang baik, meskipun perubahan mendadak ini tampaknya bertentangan dengan narasi bisnis Disney di bursa Wall Street.


Bob Chapek memang berpengalaman di bidang pengelolaan taman, tetapi Disney telah mendorong narasi bisnis yang berfokus pada layanan video streaming Disney +.

"Kami sama sekali tidak khawatir soal adanya kebingungan [pasar]," kata Iger kepada CNBC.

Bob Chapek sebelumnya menjabat sebagai Chairman Disney Parks dan Produk. Divisi-divisi itu digabungkan pada tahun 2018. Dia sebelumnya memimpin bisnis home entertainment Disney.

"Tentu merupakan hak istimewa bahwa kita masih memiliki Bob saat ini dan menjadi bimbingan," kata Chapek.

Sebelumnya, kabar Iger akan pensiun telah tersiar beberapa kali, tapi pengumuman hari Selasa itu sangat mengejutkan. Dia diharapkan pensiun pada akhir 2021.


Iger mengatakan langkah ini akan memungkinkan dia untuk fokus pada upaya kreatif, sementara Chapek mengendalikan bisnis sehari-hari Disney. Chapek akan terus melapor ke Iger dan akan diangkat ke dewan direksi.

Iger telah berperan penting dalam menjadikan Disney sebagai pusat kekuatan media melalui akuisisi beberapa perusahaan besar dan konten drama.

Dia meluncurkan Disney + pada bulan November, akuisisi bisnis hiburan Fox senilai US$ 71 miliar, dan menambahkan film Star Wars dan Marvel melalui akuisisi Lucasfilm dan Marvel Entertainment.

Chapek mengatakan, sebagai CEO, ia berencana untuk terus bekerja pada pilar strategis yang didirikan oleh Iger, terutama inisiatif langsung ke konsumen Disney. Dia juga akan melihat apa yang terjadi di pasar dengan memperhatikan hal-hal baru.

"Saat ini jalan yang telah ditetapkan Bob adalah salah satu yang kami ingin ikuti sepenuhnya dan saya pikir akan membayar dividen kepada pemegang saham untuk tahun-tahun mendatang," kata Chapek.


[Gambas:Video CNBC]




(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading