Wah! Milenial Paling Banyak Beli Rumah Pakai KPR

Market - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
12 July 2018 - 15:40
Wah! Milenial Paling Banyak Beli Rumah Pakai KPR
Jakarta, CNBC Indonesia - Asisten Gubernur Bank Indonesia Filianingsih Hendarta mengatakan kredit pemilikan rumah (KPR) saat ini didominasi kelompok usia 26 tahun hingga usia 35 tahun.

Menurutnya, terjadi perubahan perilaku debitur KPR yang berusia muda untuk membeli tipe rumah KPR tapak 22-70 meter persegi, serta rumah susun atau flat ukuran 22-70 meter persegi dan rumah susun (flat) ukuran kurang dari 21 meter persegi.

Sementara itu, pangsa KPR yang dimiliki oleh debitur usia 36-45 tahun mulai mengalami penurunan sejak 2014.


"Porsi kepemilikan KPR itu usia 26 tahun itu merupakan first time buyer (pembelian pertama) ya yang tadinya ngontrak, ngekos sudah mulai beli rumah. Ada perubahan perilaku dari para debitur yang didominasi oleh usia muda," ujar Filianingsih dalam acara Mortgage Forum, di Shangri-La Hotel, Kamis (12/7/18).

Sementara itu, paska implementasi kebijakan loan-to-value (LTV) atau uang muka oleh Bank Indonesia (BI) pada Agustus 2016, hingga Mei tahun ini terjadi peningkatan KPR sebesar 12,75%.

Angka pertumbuhan KPR tersebut melebihi pertumbuhan total kredit perbankan sebesar 10,26%. Berdasarkan tipe, pertumbuhan kredit KPR tertinggi terjadi pada jenis apartemen dan flat maupun rumah tapak tipe 22-70 serta diatas tipe 70.

"LTV ini sudah kami lakukan empat kali dan ini kelima. Oleh karena itu BI perlu lakukan penyesuain kebijakan makroprudensial yang akomodatif tapi kami perhatikan dua hal yang perlu dipertimbangkan yaitu aspek kehati-hatian dan perlindungan konsumen," tambah Filianingsih.





(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading