BNI Berani Beri Kredit Rumah DP 0%, Asalkan...

Market - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
30 June 2018 15:25
BNI akan memberikan DP 0% dengan berbagai pertimbangan dan melihat kondisi.
Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) Achmad Baiquni mengaku berani untuk memberikan DP 0% atas kepemilikan rumah pertama, asalkan dengan melihat profil risiko nasabah dan pengembangnya.


"Untuk rumah pertama sih rasanya kami berani ya. Tentunya kami lihat situasinya. Artinya tidak berlaku untuk semua pengembang, properti, ya kami lihat-lihat juga kalau seandainya permintaan dari propertinya bagus ya kami berani kasih DP 0%," terang Baiquni kepada media saat dijumpai di sela acara halalbihalal di kediaman Menteri BUMN Rini M Soemarno, di Jakarta, Sabtu (30/6/2018).

Lebih lanjut, ia menuturkan, tentunya dengan relaksasi kebijakan loan to value (LTV) tersebut, akan meningkatkan risiko kredit macet (NPL) perusahaan. Kendati demikian, Baiquni cukup yakin hal tersebut bisa ditanggulangi dengan analisis risiko profil yang mendalam tersebut.



"Tentukan kami berharap dengan kebijakan LTV ini bisa mendongkrak pertumbuhan kredit yang saat ini agak seret ya," pungkas Baiquni.


Berbeda dengan Baiquni, Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Kartika Wirjoatmodjo menuturkan, pihaknya akan mempelajari lebih dalam terkait kebijakan LTV tersebut. Pasalnya, Tiko, sapaan Kartika, tidak tahu bagaimana permintaan akan properti saat ini.


"Kan sekarang kami belum tahu permintaannya seperi apa, karena kalau kami lihat masih belum terlalu meningkat. Ya nanti kita lihat dengan beleid ini respon ke pengembang seperti apa, mudah-mudahan nanti mereka akan punya cashflow untuk lebih cepat bangun lebih banyak unit," tandas Tiko.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading