Fokus Investor

RUPST ELTY Kembali Tak Kuorum, Bank Muamalat Ganti Komisaris

Market - Tito Bosnia & Gita Rossiana, CNBC Indonesia
29 June 2018 08:26
Ringkasan aksi korporasi yang dilakukan emiten selama perdagangan hari Kamis (28/6/2018).
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok 2,08% ke level 5.667,32 pada perdagangan kemarin, Kamis (28/6/18). Sentimen domestik dan eksternal saham-sama berkontribusi bagi anjloknya IHSG.

Namun, pada perdagangan kemarin, berbagai aksi korporasi muncul dari berbagai emiten mulai dari penerbitan global bond hingga penambahan modal anak usaha. Berikut aksi-aksi tersebut yang dirangkum CNBC Indonesia, Jumat (29/6/2018).


1. Citra Marga Nusaphala Persada Terbitkan Global Bond Rp 9,8 T
PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) akan menerbitkan obligasi global (global bond) sebanyak-banyaknya US$700 juta (ekuivalen dengan Rp9,8 triliun) untuk pengembangan konektivitas dari jalan tol yang saat ini dioperasikan perusahaan.



Berdasarkan siaran pers perusahaan, obigasi gobal ini memiliki keuntungan karena sumber dana dari luar negeri dinilai masih sangat besar sehingga penerbitan surat utang ini sangat menarik bagi perusahaan.



2. Bank Bukopin Menanti Rights Issue

Proses penambahan modal PT. Bank Bukopin Tbk (BBKP) semakin menjadi nyata. Perseroan pun sudah memprosesnya ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan tinggal menunggu detik-detik waktu efektif, yakni pada 2 Juli 2018 mendatang.


Direktur Bank Bukopin Rachmat Kaimuddin menjelaskan, waktu sebelum 2 Juli 2018 merupakan masa-masa embargo sehingga perseroan tidak bisa menceritakan secara gamblang mengenai rights issue tersebut.


3. Meski Merugi, Indomobil Masih Bagi Dividen Rp 5/Saham
PT Indomobil Sukses International Tbk (IMAS) memutuskan untuk membagikan dividen tunai kepada pemegang saham. Jumlahnya sebesar Rp 13,82 miliar.


Berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) yang digelar hari Kamis, setiap pemegang saham berhak mendapatkan Rp 5/saham. Jumlah dividen tunai yang akan dibagikan perseroan pada 1 Agustus 2018 tersebut berasal dari sisa dari laba ditahan perseroan pada tahun-tahun sebelumnya.


4. Gagal Kuorum, RUPS Bakrie Development Batal Digelar
PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) membatalkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) karena jumlah kehadiran pemegang saham yang tidak mencukupi atau tidak kuorum.


RUPST tersebut hanya dihadiri oleh pemegang saham yang memiliki kepemilikan 31,98% atau 13,91 miliar saham. Sedangkan RUPST baru sah digelar apabila persentase kehadiran pemegang saham melampui 50% plus satu jumlah seluruh saham.


5. Pikko Land Tambah Modal Anak Usaha untuk Bangun Superblock
PT Pikko Land Development Tbk (RODA) akan menyerap 37.338 saham yang diterbitkan oleh PT Laras Maju Sakti (LMS) senilai Rp 117,56 miliar. Ini merupakan upaya perseroan untuk menambah modal anak usaha untuk membeli tanah dan membangun superblock di daerah Radio Dalam, Jakarta Selatan.



6. BUMN Bentuk Private Investment Fund

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menginisiasi pembentukan BUMN Fund (Private Investment Firm) yang menjembatani kebutuhan pendanaan proyek infrastruktur dengan para investor potensial baik dari BUMN maupun perusahaan swasta.


Perusahaan ini merupakan perusahaan patungan antara PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) dan PT Danareksa (Persero) melalui anak usaha masing-masing bersama beberapa calon pemegang saham seperti Asuransi Jasindo, ASABRI, Jasa Raharja, Taspen, Askrindo, dan Jamkrindo. Perusahaan patungan ini bernama PT. Bandha Investasi Indonesia.


5. Ilham Habibie Jadi Komisaris Utama Bank Muamalat
Melalui reli Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang berlangsung lebih dari enam jam, PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk akhirnya memutuskan mengangkat Ilham Habibie sebagai komisaris utama. Ilham Habibie menggantikan posisi Anwar Nasution yang mengundurkan diri.

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading